Senin 02 Jan 2023 14:51 WIB

10 Pertanyaan 'Memalukan' yang Paling Banyak Dicari di Google

Dokter di Inggris memberikan jawaban atas 10 pertanyaan 'memalukan' ini.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
10 pertanyaan memalukan yang paling banyak ditanya di Google. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
10 pertanyaan memalukan yang paling banyak ditanya di Google. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Di era digital seperti sekarang, setiap orang bisa lebih leluasa mencari jawaban atas pertanyaan kesehatan, termasuk yang dianggap "memalukan". Pertanyaan tersebut di antaranya mulai dari persoalan puting payudara gatal, alasan di balik bau mulut, hingga penis yang berbau. 

Laman Mirror mengumpulkan 10 pertanyaan memalukan seputar kesehatan yang paling banyak dicari di Google, dan menanyakannya jawaban pada dokter dan pakar kesehatan seksual di Inggris. 

Baca Juga

1. Mengapa saya terus mengalami sariawan?

Jika Anda memiliki gejala sariawan seperti gatal atau pegal di vagina atau vulva disertai keputihan yang kental, putih, dan mendapatkan perawatan, biasanya akan hilang dalam tujuh hingga 14 hari. Hal ini disampaikan oleh Associate Clinical Director di Bupa Health Clinic, dr Naveen Puri.

 

Tidak selalu jelas mengapa beberapa orang menderita sariawan berulang kali. Namun, diperkirakan bahwa tingkat bakteri pada vagina dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan dapat berkontribusi pada kemungkinan lebih tinggi terkena sariawan berulang.

"Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan sariawan berulang termasuk tidak melakukan perawatan secara menyeluruh, menggunakan sabun atau sabun mandi yang wangi, menderita diabetes, atau sedang hamil,” kata dr Puri.

2. Mengapa kencing saya berbau?

Dokter yang praktik di Asda Online Doctor, dr Kathryn Basford, mengatakan kencing mulai berbau kemungkinan itu terkait dengan apa yang Anda konsumsi. Jenis makanan dan minuman tertentu seperti asparagus dan bawang putih mengandung bahan kimia berbau kuat yang dapat masuk ke dalam urine Anda.

“Makanan lain yang bisa memengaruhi bau urine antara lain buah-buahan kering, adas, alkohol, dan kopi. Demikian pula, itu bisa menjadi tanda dehidrasi,” kata dia.

Meskipun sering kali tidak berbahaya, kencing berbau juga bisa menjadi tanda kondisi kesehatan jangka panjang, seperti diabetes, batu ginjal atau gagal hati, namun ini biasanya akan disertai dengan gejala lain yang lebih parah. "Jika Anda khawatir, telah mengalami perubahan jangka panjang pada kencing Anda, atau disertai dengan gejala lain seperti nyeri terbakar, atau darah, maka bicarakan dengan dokter,” jelas dr Basford.

3. Mengapa puting saya gatal?

Dokter umum di Herts dan Greater London, dr Suhail Hussain, menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa puting terasa gatal, meskipun kemungkinan besar infeksi jamur pada kulit. Kemungkinan kondisi kulit lainnya termasuk eksim atau bisa juga disebabkan oleh pakaian ketat atau tidak pas.

"Salah satu penyebab yang mengkhawatirkan (untuk wanita) adalah penyakit payudara Paget, yang terkait dengan kanker payudara. Dalam hal ini, orang tersebut harus pergi ke dokter umum untuk memeriksa kemerahan, pengelupasan, atau pengerasan kulit yang terkait,” saran dr Hussain.

4. Mengapa saya berkeringat berlebih?

Dr Hussain telah berbagi beberapa penyebab mengapa Anda berkeringat berlebihan, tanpa sebab yang jelas. “Anda bisa berkeringat karena olahraga berlebihan, peningkatan habitus tubuh karena fisik atau bentuk tubuh,” kata dia.

Alasan lain bisa jadi hiperhidrosis, yang dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun tetapi umumnya di bawah lengan, tangan, atau kaki. Hal ini disebabkan aktivasi berlebihan dari sistem saraf simpatik. Penyebab lain dapat mencakup gangguan endokrin lainnya seperti disfungsi tiroid (hypo) dan tiroid yang kurang aktif. Dr Basford mengatakan, berkeringat juga bisa menjadi respons fisik terhadap kondisi medis, bisa dari kecemasan atau stres hingga reaksi terhadap makanan atau alergen tertentu yang tidak disetujui tubuh.

5. Bagaimana cara berhenti mengompol?

Mengompol biasanya merupakan masalah masa kanak-kanak, memengaruhi 10 persen anak usia lima tahun dan lima persen anak usia 10 tahun, menurut dr Hussain. Agar bisa berhenti, dia menyarankan untuk mempraktikkan teknik perilaku terlebih dahulu: tidak minum larut malam, lalu ke toilet sebelum tidur, dan bangunkan anak tengah malam untuk buang air kecil. 

“Gunakan sistem penghargaan ketika Anak berhasil tidak mengompol, itu bisa membantu memacu anak,” kata dr Hussain. Sementara itu, jika mengompol terus berlanjut hingga dewasa, dr Hussain menyarankan untuk menggunakan alarm mengompol, yang merupakan selimut sensitif kelembaban yang berdengung jika mendeteksi basah.

6. Mengapa saya punya bau mulut?

Menurut terapis gigi untuk Tepe, Amanda Sheehan, 80-90 persen halitosis (nama klinis untuk bau mulut) berasal dari rongga mulut. Dia menjelaskan, mulut mengandung bakteri yang memecah protein dari sisa makanan, air liur, dan plak. Proses pemecahan ini menghasilkan gas berbau tidak sedap.

"Tergantung pada penyebab bau mulut Anda, perawatannya bisa bervariasi, namun menjaga kebersihan mulut setiap hari biasanya merupakan cara paling efisien untuk mencegah bau mulut,” kata dia.

Untuk napas yang segar, Amanda merekomendasikan menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride dua kali sehari, serta flossing interdental setiap hari. Dia juga menyarankan menggunakan pembersih lidah untuk menghilangkan penumpukan plak dari permukaan lidah. Sikat gigi juga harus diganti setiap tiga bulan sekali, dan Anda juga harus memastikan bahwa Anda rutin mengunjungi dokter gigi.

7. Mengapa saya terus kentut?

Dr Hussain mengatakan, mengeluarkan gas atau kentut adalah hal yang alami. Saat dicerna, makanan dipecah dan produk limbah dikeluarkan melalui tinja, termasuk pelepasan gas. Sementara jika Anda terus menerus kentut, itu bisa terjadi lantaran makanan berat yang sulit dicerna. 

“Mungkin Anda menderita IBS (gejala lain termasuk kembung dan bersendawa) atau Anda terlalu banyak mengonsumsi udara saat makan,” kata dr Hussein.

Menurut dr Basford, tidak melakukan perubahan pola makan atau gaya hidup sehat bisa menjadi penyebab sering mengeluarkan gas atau kentut. Itu mungkin disebabkan oleh masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, penyakit Crohn atau penyakit celiac.

8. Mengapa penis saya bau?

Dr Puri menjelaskan, penis yang berbau biasanya merupakan tanda kebersihan yang buruk, infeksi jamur seperti sariawan, atau kondisi kulit umum lainnya, seperti psoriasis atau eksim sebagai dua contoh. Namun, beberapa IMS juga dapat menyebabkan penis menjadi sakit dan bau, seperti gonore, yang dapat menyebabkan keluarnya cairan putih, kuning, atau hijau yang tidak biasa yang dapat menyebabkan rasa sakit dan perih saat buang air kecil.

"Penis yang berbau juga bisa disebabkan oleh ISK. Baunya sering disertai dengan keinginan untuk buang air kecil dan rasa terbakar saat buang air kecil. Infeksi jamur juga bisa membuat penis berbau busuk. Jika Anda menderita penis yang berbau, pastikan Anda menemui dokter yang akan dapat memberi saran tentang pengobatan terbaik,” kata dr Puri.

9. Seperti apa vagina yang normal?

Dr Puri menegaskan, tidak ada yang namanya vagina yang terlihat normal. Masing-masing vagina memiliki bentuk yang berbeda dan unik, tetapi semuanya memiliki bagian yang sama. Perbedaan ini normal seperti perbedaan warna rambut atau perbedaan tinggi badan.

Dr Basford mengatakan, sangat normal untuk memperhatikan seperti apa vagina normal itu. Tetapi penting untuk mengetahui bahwa bentuk vagina dapat bervariasi dari orang ke orang.

"Labia, yang merupakan bibir bagian dalam dan luar, dapat terlihat berbeda dengan bibir orang lain karena tipis atau tebal atau warnanya berbeda. Kadang-kadang bibir bagian dalam menonjol melewati bibir luar, dan ukuran lubang vagina Anda bisa menjadi lebih besar atau lebih kecil,” jelas dr Basford.

10. Mengapa terasa sakit saat berhubungan seks?

Menurut dr Puri, baik pria maupun wanita bisa mengalami rasa sakit saat atau setelah berhubungan seks yang bisa disebabkan oleh berbagai infeksi. Bagi wanita, menopause dapat membuat vagina kering, yang cenderung menyebabkan seks yang menyakitkan. Kondisi lain seperti endometriosis, kista ovarium, dan bahkan kanker dapat menyebabkan seks yang menyakitkan dan bisa menjadi masalah kesehatan yang serius.

“Jadi saya akan merekomendasikan Anda untuk diperiksa sesegera mungkin jika Anda mengalami rasa sakit selama atau setelah berhubungan seks,” ujar dr Puri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement