Senin 02 Jan 2023 04:07 WIB

Orang Indonesia Disebut 'Malas' Baca Buku, Apa Penyebabnya?

Pada 2016, Indonesia menempati urutan 60 dari 61 dalam hal minat baca.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Penyebab orang Indonesia 'malas'membaca buku. (ilustrasi)
Foto: republika
Penyebab orang Indonesia 'malas'membaca buku. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu badan khusus PBB, UNESCO, pernah melaporkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Pada 2016, Indonesia bahkan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal minat baca dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Central Connecticut State University di Amerika Serikat (AS). 

Penelitian bertajuk "Bangsa Paling Melek Huruf di Dunia" ini menempatkan Indonesia di bawah Thailand (posisi ke-59) dan di atas Botswana (posisi ke-61). Sebenarnya, apa yang membuat hal itu terjadi?

Baca Juga

Aplikasi seluler ringkasan buku nonfiksi, NexPage, melakukan riset sendiri dan mengaitkannya dengan alasan-alasan berikut ini:

1. Kurangnya aksesibilitas terhadap buku

 

Walaupun orang-orang di kota memiliki akses ke perpustakaan dan buku-buku, namun hal ini mungkin tidak berlaku untuk kota-kota dan desa-desa yang lebih terpencil. Meskipun beberapa lokasi terpencil memiliki perpustakaan keliling, namun penawaran dan pilihan buku mereka sering kali perlu ditingkatkan.

2. Kurangnya variasi konten dan judul yang menarik

Banyak buku lokal yang mengadopsi nada yang lebih formal dan penyampaian gaya kuliah, membuat membaca menjadi hobi yang sangat serius. Banyak judul nonfiksi juga termasuk dalam kategori "buku teks" sehingga terkesan berat, akademis, dan monoton. Persepsi negatif ini berasal dari minat baca, khususnya judul-judul nonfiksi.

3. Tingginya biaya terjemahan buku-buku asing

Meskipun lebih banyak variasi ditemukan dalam judul-judul asing, hanya beberapa yang nyaman dibaca dalam bahasa Inggris. Buku-buku asing yang diterjemahkan juga mahal dan hanya tersedia untuk kalangan tertentu sehingga kurang diterima secara luas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement