Senin 02 Jan 2023 05:01 WIB

Dua Tanda Peringatan Dapat Muncul Sepekan Sebelum Serangan Strok

Sekitar 43 persen penderita strok alami gejala strok ringan sepekan sebelumnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit kepala (ilustrasi). Sakit kepala, mati rasa, atau kesemutan dapat mendera orang sepekan sebelum mereka mengalami strok.
Foto:

Selain mati rasa dan kesemutan, ada beberapa tanda awal strok yang perlu diketahui, misalnya sakit kepala. Penderita juga bisa mengalami pusing, kehilangan keseimbangan, atau kesulitan koordinasi gerak tubuh secara tiba-tiba.

Kehilangan penglihatan atau perubahan penglihatan pada salah satu atau kedua mata secara mendadak juga jadi pertanda strok. Waspada juga jika Anda merasa bingung atau kesulitan memahami hal-hal yang biasanya mudah dipahami.

photo
Deteksi gejala stroke dengan metode FAST - (Republika)

Mati rasa atau kelemahan di satu sisi tubuh (atau di satu lengan atau kaki) pun patut dicurigai sebagai gejala strok. Cara terbaik mengurangi risiko strok adalah menerapkan gaya hidup sehat.

The Stroke Association (SA) menjelaskan makan makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes yang dianggap sebagai pemicu strok. NHS merekomendasikan diet rendah lemak, tinggi serat, termasuk banyak buah dan sayuran segar dan biji-bijian. Selain itu, berhenti merokok, mengurangi garam, dan berolahraga juga bisa membantu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement