Senin 02 Jan 2023 05:01 WIB

Dua Tanda Peringatan Dapat Muncul Sepekan Sebelum Serangan Strok

Sekitar 43 persen penderita strok alami gejala strok ringan sepekan sebelumnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit kepala (ilustrasi). Sakit kepala, mati rasa, atau kesemutan dapat mendera orang sepekan sebelum mereka mengalami strok.
Foto: www.freepik.com.
Sakit kepala (ilustrasi). Sakit kepala, mati rasa, atau kesemutan dapat mendera orang sepekan sebelum mereka mengalami strok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Strok tidak dapat diprediksi. Namun, strok kadang-kadang dapat mulai menunjukkan gejala pada hari-hari menjelang keadaan darurat medis tersebut. Bahkan, ada satu tanda peringatan yang bisa muncul di lengan atau kaki.

Tanda-tanda pertama sebenarnya dapat muncul beberapa hari atau bahkan seminggu sebelum kejadian. Menurut Cardiac Screen, beberapa orang dapat mengalami gejala peringatan strok.

Baca Juga

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa 43 persen penderita strok mengalami gejala strok ringan hingga sepekan sebelum mereka mengalami strok berat. Salah satu tanda umum yang termasuk dalam kategori ini adalah mati rasa atau kesemutan.

"Beberapa orang akan mengalami gejala seperti sakit kepala, mati rasa, atau kesemutan beberapa hari sebelum mereka mengalami strok yang serius," tulis Cardiac Screen, dikutip dari laman Express, Ahad (1/1/2023).

Sensasi peringatan ini cenderung menyerang salah satu lengan atau kaki, yang dipicu suplai darah ke otak berkurang untuk sementara. University of California San Francisco Health menyebut bahwa area ini mungkin juga terasa lemah.

Kelemahan pada salah satu lengan juga dianggap sebagai gejala strok yang sedang berlangsung. Kondisi ini membutuhkan perawatan medis mendesak.

"Jika Anda mencatat gejala-gejala ini, segera cari bantuan walaupun gejala itu sudah hilang. Itu akan membuat peluang Anda untuk sembuh jauh lebih besar," kata Cardiac Screen.

Jangan abaikan tanda-tanda peringatan dini

Dapatkan bantuan segera karena strok yang lebih serius bisa terjadi berjam-jam atau berhari-hari setelah tanda awal mulai terasa. Badan kesehatan nasional Inggris (NHS) juga mengingatkan bahwa semakin cepat seseorang mendapat pertolongan, maka semakin sedikit kerusakan yang mungkin terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement