Kamis 22 Dec 2022 20:22 WIB

Bob Dylan Ternyata Kagum dengan Eminem

Bob Dylan kagum dengan penyanyi yang bisa merangkai kata sepertinya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Bob Dylan kagum dengan penyanyi yang bisa merangkai kata sepertinya.
Foto: AP
Bob Dylan kagum dengan penyanyi yang bisa merangkai kata sepertinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bob Dylan mengatakan bahwa dia mengagumi beberapa musisi hip-hop yang jago merangkai kata sepertinya. Musisi yang dikagumi penyanyi-penulis lagu berusia 81 tahun itu termasuk Royal Blood, Gua Nick, Leonard Cohen, Eminem dan grup hip-hop Wu-Tang Clan.

Dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal, Dylan secara blak-blakan musisi hip-hop tersebut. Dia juga mengatakan bahwa musisi hip-hop telah berhasil membuat musik yang mapan dan tidak terkerangkeng dalam standar-standar tertentu.

Baca Juga

“Siapa yang akan membuat standar saat ini? Seorang musisi rap? Seorang bintang hip-hop atau rock? Seorang raver, ahli sampel, penyanyi pop? Tidak ada. Itulah musik untuk kemapanan,” kata Dylan seperti dilansir dari People, Kamis (22/12/2022).

Ini bukan pertama kalinya pelantun "Like a Rolling Stone" tersebut menyebut Eminem dalam sebuah wawancara. Dua dekade lalu, dia mengungkapkan ketidaksukaannya pada musik modern dalam sebuah wawancara dengan Time, dengan mengatakan bahwa “radio mengeluarkan suara yang mengerikan”.

 

Dia juga mengatakan kepada majalah itu bahwa dia tidak terlalu mendengarkan lagu Eminem, yang saat itu menduduki puncak tangga lagu. Namun di sisi lain dia juga menyiratkan kekagumannya pada Eminem.

"Aku hampir merasa jika ada sesuatu yang kontroversial, pria itu pasti melakukan sesuatu dengan benar,” kata Dylan kala itu.

Ketika ditanya bagaimana dia menemukan lagu baru yang cocok dengannya saat ini, Dylan mengatakan bahwa itu berjalan secara kebetulan saja. “Kalau saya sengaja mencari sesuatu, biasanya saya tidak menemukannya. Faktanya, saya tidak pernah menemukannya. Saya masuk ke berbagai hal secara intuitif saat saya kemungkinan besar tidak sedang mencari apapun,” kata dia.

Dalam sesi wawancara dengan WSJ, Dylan juga menyebut band dan musisi lain yang dia kagumi. Mereka adalah Julian Casablancas dari The Strokes, Metallica, Grace Potter dan Liam dan Noel Gallagher dari Oasis.

Penyanyi-penulis lagu itu juga membagikan beberapa musisi "tidak jelas" yang dia nikmati, termasuk Tiny Hill, Teddy Edwards, dan Janis Martin yang dia sebut "female Elvis".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement