Rabu 21 Dec 2022 00:41 WIB

Mau Kentut tapi Anginnya Nggak Keluar? Empat Trik Ini Dapat Membantu

Ada kalanya orang sampai harus mengejan untuk kentut tapi tak jua bisa buang angin.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut akibat tak bisa kentut (ilustrasi). Jika Anda merasa sampai harus mengejan untuk mengeluarkan kentut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai solusinya.
Foto:

Lalu, lakukan hal yang sama pada kaki kiri. Tetapi jika tidak satu pun dari hal-hal ini yang berhasil, menurut George, kemungkinan Anda perlu meredakan ketegangan di dasar panggul dengan fisioterapi.

Fisioterapis juga sebelumnya mengungkapkan bahwa banyak orang mungkin salah membasuh bokong mereka. Pakar mengatakan bahwa ini sebenarnya disebut sebagai kotoran tinja.

Dia menjelaskan dalam video TikTok bahwa itu adalah kondisi di mana ketika terlalu banyak kotoran yang tertinggal di pintu masuk anus setelah selesai buang air besar. Ketika terjadi, itu bisa menjadi tanda masalah seperti dasar panggul yang lemah, kekurangan serat dalam makanan, cedera sfingter anus, atau wasir.

Kapan harus menemui dokter?

Menurut NHS, jika mengalami sakit perut maupun kembung tidak kunjung sembuh atau kambuh terus dan mengalami sembelit hingga diare, maka penting segera menemui dokter. Konsultasikan jika ada penurunan berat badan tanpa berusaha atau apabila memiliki darah di kotoran selama tiga pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement