Rabu 04 Oct 2023 14:28 WIB

Jangan Sembarangan, Makanan Ini yang Membuat Kentut Super Menyengat

Kentut yang berbau biasanya dimulai dengan karbohidrat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Banyak faktor yang memengaruhi volume dan bau perut kembung.  (ilustrasi)
Foto: www.jedadulu.com
Banyak faktor yang memengaruhi volume dan bau perut kembung. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Buang gas atau kentut merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-harI. Namun, tahukah Anda makanan mana yang membuat kita paling banyak mengeluarkan gas dan mana yang membuat kentut paling bau? 

Dilansir Livescience, Selasa (3/10/2023), dr Ali Rezaie, ahli gastroenterologi di Cedars Sinai di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) mengatakan kentut yang berbau biasanya dimulai dengan karbohidrat, terutama yang tidak larut yang berhasil melewati lambung dan saluran usus bagian atas tanpa diserap. Contohnya, yang “seperti bahan bakar beroktan tinggi bagi mereka,” ujar dr. Rezaie. 

Baca Juga

Meskipun karbohidrat seperti serat dan pati tidak diserap lebih di usus karena tubuh kita kekurangan enzim untuk memecahnya, bakteri, seperti yang ada di filum Firmicutes di usus besar, mencernanya dengan mudah. Saat memakan karbohidrat ini, bakteri menghasilkan gas yang bisa berubah menjadi kentut. 

Namun, tidak semua gas yang dihasilkan bakteri dari makanan menjadi bau kentut.  Menurut Dr Rezaie, seseorang menghasilkan sekitar 30 hingga 91 inci atau 500 hingga 1.500 milimeter kentut setiap hari, apa pun pola makannya, dan lebih dari 99 persen gas tersebut tidak berbau. 

Gas-gas yang tidak beraroma— seperti metana, karbon dioksida, dan hidrogen — semuanya berkontribusi terhadap kentut, namun kandungan gas tidak selalu berkorelasi dengan bau busuk. 

Sementara itu, ahli gastroenterologi di Mount Sinai Medical Center di New York City, kepada Livescience, dr. Eric Goldstein mengungkapkan gas-gas yang mengganggu termasuk hidrogen sulfida, yang terkenal dengan bau telur busuk; indoles; dan skatoles “yang sesuai dengan namanya, berbau seperti kotoran.”

Tetapi, ketika mengubah makanan menjadi gas, hal tersebut bukanlah tingkat konversi satu banding satu di dalam usus. 

“Anda bisa makan banyak sekali senyawa yang mengandung sulfur dan terdapat bakteri yang menghasilkan hidrogen sulfida,” namun “perut kembung Anda tidak akan berbau seperti hidrogen sulfida,” kata dr Goldstein. 

Sebaliknya, bakteri penghasil hidrogen sulfida mungkin diimbangi oleh bakteri lain yang memakan senyawa tersebut. Makanan kaya belerang termasuk kacang-kacangan (seperti lentil, buncis, dan kacang polong) dn brassica (seperti brokoli dan kubis). Sayuran berserat ini juga mengandung karbohidrat tidak larut yang dapat diubah oleh bakteri di usus besar menjadi gas berbau busuk. 

dr. Goldstein dan dr. Rezaie menekankan, banyak faktor yang memengaruhi volume dan bau perut kembung. Meskipun kita dapat menilai senyawa umum dalam makanan dan kentut, beberapa orang memiliki kepekaan terhadap makanan yang unik berdasarkan mikrobioma usus mereka. Gula yang tidak larut umumnya menjadi penyebab timbulnya gas berbahaya, namun tidak ada makanan universal yang menjadi penyebab kentut. 

“Produksi gas bakteri di usus kita tidak hanya bergantung pada apa yang Anda makan,” ujar dr. Rezaie. “Itu semua tergantung pada bakteri penghasil gas lain di usus yang memberi mereka gas lain.”

Faktor-faktor lain- seperti motilitas usus, perubahan komposisi bakteri, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan makanan untuk melewati usus— juga memengaruhi bagaimana kentut bisa mendidih. Terlebih lagi, kentut juga terdiri dari udara yang tertelan dan gas yang menyebar dari aliran darah, yang juga tidak berbau. Faktor-faktor ini membuat kentut lebih mungkin terdengar dibandingkan tercium. 

Gangguan dan intoleransi juga memengaruhi cara bakteri menghasilkan gas. Misalnya, pada orang yang tidak toleran terhadap laktosa, karbohidrat laktosa akan berpindah ke bakteri di usus besar, yang dapat menyebabkan seseorang kentut yang mungkin berbau atau tidak. 

dr. Goldstein menunjuk diet FODMAP, diet eliminasi sementara, sebagai salah satu cara untuk mengurangi kasus perut kembung yang ekstrim pada mereka yang rentan terhadapnya.

Tetapi, dia menggarisbawahi bahwa “tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua” dalam hal pola makan dan kentut, karena banyak sekali faktor dalam tubuh setiap orang yang mengganggu semua kentut. Ukuran apakah perlu mencari pertolongan bergantung pada seberapa besar perut kembung mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang. Di sisi lain, kentut— bahkan yang bau sekalipun— tidak bisa dihindari. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement