Ahad 18 Dec 2022 18:34 WIB

3 Minuman Penambah Energi dalam Tubuh

Beberapa jenis minuman bisa menambah energi untuk beraktivitas.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Yogurt yang dipadukan dengan pisang bisa menjadi alternatif minuman penambah energi.
Foto: Wikipedia
Yogurt yang dipadukan dengan pisang bisa menjadi alternatif minuman penambah energi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kalanya kita perlu mendapatkan tambahan energi dari makanan atau minuman tertentu. Kafein dapat memberi dorongan energi secara cepat. Namun, minum terlalu banyak kafein dapat berbahaya bagi kesehatan.

Kafein dapat meningkatkan gula darah dengan meningkatkan kadar kortisol. Kafein juga membuat dehidrasi. 

Baca Juga

Dilansir dari hindustantimes, penurunan satu persen tingkat air tubuh dapat menyebabkan kelelahan. Konsumsi kafein terus menerus dapat berkontribusi pada gula darah yang lebih tinggi atau penurunan gula darah secara tiba-tiba.

Sebagai alternatif lain, berikut ini minuman yang dapat menambah energi dalam tubuh:

Smoothie Mangga

Smoothie mangga yang menyegarkan bisa membantu meningkatkan energi secara cepat. Setiap porsi smoothie mangga memberikan buah-buahan yang kaya nutrisi, serat, protein dan probiotik.

Untuk membuatnya, yang Anda butuhkan hanyalah mangga, buah-buahan kering dan susu. Campurkan semua bahan menjadi satu dan siap dikonsumsi.

Minuman Energi Kelapa

Minuman energi kelapa bisa membantu pengaturan hormon, fungsi metabolisme yang sehat, tekanan darah dan mengurangi stres. Minuman ini mengandung elektrolit, vitamin C, kalium dan natrium dan protein yang memberi Anda energi yang bagus saat dibutuhkan.

Untuk membuatnya, yang Anda butuhkan untuk membuat minuman ini adalah 1/2 cangkir air kelapa, 1 sendok bubuk kolagen (opsional),  kocok dan nikmati.

Yoghurt Pisang Kocok

Minuman ini dikemas dengan semua bahan kaya protein yang akan memberi Anda energi instan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini adalah yoghurt, pisang kurma dan buah-buahan kering lainnya dan 1 sdm madu.

Campur semua bahan menjadi satu dan nikmati minuman Anda. Yoghurt tinggi kalsium, membantu pencernaan, membangun kekebalan, mengurangi tekanan darah tinggi dan baik untuk kulit Anda.

Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi, memperlancar pencernaan, merupakan sumber nutrisi, merupakan sumber potasium yang baik. Buah-buahan kering bertindak sebagai sumber gula yang baik dan memberikan energi instan ke tubuh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement