Sabtu 17 Dec 2022 13:00 WIB

Enam Makanan untuk Pemulihan Otot Lebih Cepat

Konsumsi enam makanan ini untuk pemulihan otot.

Rep: Haura Hafizah/ Red: Muhammad Hafil
Enam Makanan untuk Pemulihan Otot Lebih Cepat. Foto:   Makanan sehat (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Enam Makanan untuk Pemulihan Otot Lebih Cepat. Foto: Makanan sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun penting untuk menjaga tubuh Anda tetap bergerak dan mengikuti konsistensi dalam rutinitas latihan Anda. Penting juga untuk mengambil waktu istirahat yang diperlukan agar tubuh Anda dapat menyembuhkan dirinya sendiri dan mendapatkan kembali ketenangannya.

Dilansir dari hindustan times pada Sabtu (17/12/2022), ketika Anda secara teratur terlibat dalam aktivitas fisik, cedera otot dan pemulihan datang sebagai bagian tidak terpisahkan. Namun, hal itu tidak boleh menjadi alasan lama untuk menghentikan diri Anda dari menjalani gaya hidup sehat.

Baca Juga

Ada makanan yang dapat Anda sertakan untuk mendorong pemulihan otot lebih cepat. Aehingga Anda dapat kembali ke rutinitas olahraga dengan cepat.

Berikut enam makanan untuk pemulihan otot lebih cepat yaitu :

1. Bayam

Bayam mengandung sekitar lima gram protein dalam jumlah seukuran cangkir. Itu juga dikemas dengan vitamin anti-inflamasi seperti A, B dan C. Menjadikannya makanan pasca-latihan yang harus dimiliki. Dan ada berbagai cara untuk mengkonsumsi bayam. Anda bisa memasukkan bayam ini ke dalam smoothie sayuran untuk memudahkan pencernaan.

2. Semangka

Saat Anda berolahraga, jika Anda melakukannya dengan benar, Anda akan berkeringat, itulah sebabnya Anda perlu rehidrasi nanti. Dan semangka dengan komposisi air 92 persen, menjadikannya camilan atau minuman pasca-olahraga yang sempurna karena sangat bagus untuk hidrasi. Ini juga mengandung vitamin yang membantu peradangan serta vitamin dan mineral penting lainnya yang membantu pemulihan otot.

3. Pisang

Pisang adalah salah satu favorit di antara penggemar kebugaran karena dikemas dengan zat besi, mengandung serat, potasium, folat dan antioksidan, seperti vitamin C. Bukan rahasia lagi bahwa pisang telah lama dikenal dapat meningkatkan pemulihan otot. Mereka tidak hanya mengandung karbohidrat, yang membantu mengisi kembali kadar glikogen tetapi juga, potasium yang merupakan elektrolit yang hilang dari tubuh Anda saat berkeringat dan sangat penting untuk kesehatan jantung Anda.

4. Ikan

Salah satu makanan pemulihan otot terbaik. Ikan mengandung asam lemak Omega-3 tingkat tinggi. Mengkonsumsi ikan secara teratur sangat baik untuk menyembuhkan peradangan dan berfungsi sebagai sumber protein yang baik. Beberapa jenis ikan terbaik yang dapat Anda sertakan dalam diet untuk mendorong pemulihan otot adalah ikan berlemak.

5. Buah Jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C dalam jumlah besar, yang dikenal dapat meningkatkan penyembuhan otot dan mengurangi peradangan. Ini juga membantu menjaga kesehatan dan integritas tulang Anda. Jaringan lunak, seperti tenggorokan Anda, juga diketahui mendapat manfaat luar biasa dari vitamin C. Beberapa buah jeruk terbaik yang dapat Anda sertakan dalam diet Anda adalah tomat, kiwi, jeruk bali, markisa dan jeruk.

6. Kunyit

Manfaat kunyit yang luar biasa. Sejumput kunyit dicampur dalam segelas susu hangat adalah minuman pemulihan otot terbaik yang bisa Anda konsumsi. Ini tidak hanya berfungsi sebagai antiseptik tetapi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang luar biasa kuat. Anda juga bisa menambahkannya ke sup, kari dan smoothie.

Dengan memasukkan lebih banyak makanan pemulihan otot dalam hidup Anda, berarti secara sadar menyediakan tubuh Anda dengan apa yang dibutuhkannya untuk berfungsi dengan baik dan menjalani gaya hidup yang lengkap dan sehat.

Sumber :

https://www.hindustantimes.com/lifestyle/health/6-superfoods-for-faster-muscle-recovery-101670984354666-amp.html

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement