Kamis 15 Dec 2022 20:54 WIB

Kristen Stewart Dipercaya Jadi Juri Berlin International Film Festival Ke-73

Kristen Stewart dianggap kompeten duduki kursi juri terkait karier aktingnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kristen Stewart.
Foto: EPA
Kristen Stewart.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris asal AS Kristen Stewart dipercaya menjadi presiden juri di Berlin International Film Festival ke-73 pada bulan Februari. Stewart dinilai layak menduduki jabatan tersebut karena perjalanan kariernya di industri film yang sangat cemerlang. Ia juga dinilai mampu menjembatani industri film di AS dan Eropa.

“Kami senang Kristen Stewart yang mengambil tugas luar biasa ini,” kata direktur festival Mariette Rissenbeek dan Carlo Chatrian seperti dilansir dari Hollywood Reporter, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga

Rissenbeek mencatat, Stewart adalah salah seorang aktris berbakat. Mulai dari perannya yang mengesankan sebagai Bella Swan di waralaba “Twilight” hingga perannya sebagai Putri Diana di film “Spencer”.

Selain itu, Stewart juga dianggap sebagai salah satu talenta muda utama Hollywood. Pada tahun 1999, di usianya ke-9 tahun, Stewart merayakan debut layarnya. Berselang tiga tahun, dia kemudian membintangi film “Panic Room” bersama dengan Jodie Foster. Terobosan internasionalnya datang dengan Twilight yang terdiri atas lima bagian (2008–2012).

Pada 2010, dia menghadiri Berlinale dengan produksi independen berjudul “Welcome to Rileys” yang disutradarai oleh Jake Scott. Pada tahun yang sama, dia menerima Orange Rising Star Award untuk pendatang baru terbaik di BAFTA.

Berlinale juga menyebutkan karyanya bersama Juliette Binoche di “Clouds of Sils Maria” (2014), disutradarai oleh auteur Prancis Olivier Assayas dan dia menjadi orang Amerika pertama yang menerima penghargaan film Prancis César untuk perannya dalam film tersebut pada tahun 2015.

Tahun berikutnya, dia merayakan debutnya sebagai sutradara dan penulis skenario dengan film pendek “Come Swim”. dan pada 2018 dia menjadi anggota juri internasional di Cannes Film Festival. Pada tahun 2019, ia terjun ke genre aksi lewat “Charlie's Angels” yang disutradarai oleh Elizabeth Banks dan membawakan penampilan memukau dalam film biografi “Seberg” disutradarai oleh Benedict Andrews, sekaligus merayakan pemutaran perdana dunianya di Venice Film Festival.

Pada tahun 2020, ia mempresentasikan karya berikutnya sebagai sutradara lewat film pendek “Crickets”. Baru-baru ini, dia memukau penonton sebagai Putri Diana dalam film drama Spencer karya Pablo Larraín, dengan meraih nominasi Academy Award dan Critics Choice Awards untuk aktris terbaik.

“Kristen Stewart telah menjadi salah satu aktor internasional paling terkemuka, penonton dan kritikus yang menggetarkan hati. Dia saat ini sedang mengerjakan debut penyutradaraan panjangnya, film yang diadaptasi dari buku terlaris The Chronology of Water oleh Lidia Yuknavitch,” demikian pernyataan dari Berlin Film Festival.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement