Rabu 14 Dec 2022 11:08 WIB

5 Kombinasi Makanan yang Bisa Buat Tubuh Sehat

Ada jenis makanan yang saling melengkapi agar bermanfaat optimal pada tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto: Flickr
Makanan sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap makanan memiliki nutrisinya masing-masing. Namun, terkadang makan dengan pola kombinasi sekaligus dapat bermanfaat bagi tubuh Anda. Ketika memikirkan makanan bergizi, hal pertama yang muncul di benak adalah sayuran berdaun hijau.

 

Baca Juga

Dilansir dari health shots pada Rabu (14/12/2022), terdapat cara mencampur bahan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Seperti sayur bayam dan tomat. Itu ada makanan kombinasi sehat.

 

Berikut lima makanan kombinasi yang bisa membuat tubuh sehat yaitu :

 

Kacang dan Nasi

 

Kedua makanan terpisah ini merupakan pilihan yang sehat. Anda juga bisa menggabungkannya. Makanan berprotein lengkap adalah makanan yang mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda.

Asam amino yang ditemukan dalam nasi melengkapi asam amino yang ada dalam kacang. Ini menjadikannya makanan yang kaya akan protein berkualitas tinggi.

 

Sayuran Hijau dan Tomat

 

Sayuran hijau menempati urutan teratas dalam daftar makanan tersehat di dunia. Bagaimanapun, sayuran berdaun gelap seperti kangkung, bayam dan sawi mengandung zat besi, tetapi sulit untuk menyerap zat besi dari tanaman hijau ini tanpa bantuan vitamin C. Untuk mendapatkan kombinasi makanan sehat dan lezat yang baik, cukup campurkan makanan segar atau tumis sayuran hijau dengan tomat.

 

Telur dan Keju

 

Segelas susu umumnya cukup untuk mempertahankan tulang yang kuat. Menariknya, kalsium dan vitamin D bekerja secara sinergis untuk membantu menyehatkan tulang. Jadi, sandwich telur keju atau telur dadar adalah pilihan yang lebih baik daripada hanya segelas susu. Sementara kuning telur mengandung vitamin D, keju mengandung kalsium di dalamnya.

 

Oatmeal dan Air

 

Ini mungkin sudah menjadi bagian dari sarapan bagi banyak orang, tetapi Anda mungkin salah melakukannya. Kue gandum dan semangkuk oatmeal hangat adalah kombinasi yang baik untuk kesehatan, tetapi pastikan untuk minum banyak air juga.

Oatmeal perlu menyerap air agar dapat bekerja dengan baik dan memberikan banyak manfaat. Oatmeal adalah sumber serat yang baik yang membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan membantu membuat Anda kenyang lebih lama.

 

Tomat dan Minyak Zaitun

 

Tomat memberi kehidupan pada banyak hidangan. Produk tomat yang dimasak seperti saus tomat buatan sendiri, sup tomat dan pasta tomat adalah sumber lycopene terbaik, yang merupakan antioksidan. Itu membantu membuat jantung seseorang sehat dan dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Cukup campurkan dengan minyak zaitun tidak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung untuk penyerapan maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement