Rabu 07 Dec 2022 00:20 WIB

Essential Oil, Betulkah Bermanfaat untuk Anak Sakit?

Essensial oil kerap disebut mampu meredakan penyakit yang biasa mengusik anak.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Essential oil alias aroma terapi telah menjadi tren di kalangan orang yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari produk tersebut. Padahal, belum banyak jurnal ilmiah yang mengaitkan khasiat essential oil dengan kesehatan,
Foto:

Jika anak batuk dan pilek, tanda bahanya adalah sesak. Hitung napas anak saat sedang tidur dalam satu menit sebanyak dua kali sehari.

Untuk usia nol sampai dua bulan itu 60 kali, usia dua bulan hingga satu tahun 50 kali, usia satu hingga lima tahun 40 kali, dan usia di atas lima tahun 30 kali. Jika di atas itu, orang tua harus curiga anak sesak dan perlu segera dibawa ke dokter.

"Batuk pilek bisa satu sampai dua pekan sembuhnya. Jadi orang tua harus belajar, batuk pilek bagian dari tumbuh kembang anak. Nggak ada balita yang tidak melewati batuk pilek, karena dia butuh membangun sistem imunitasnya," papar dia.

Sistem imun terbagi dua. Ada sistem imun innate atau sistem imun yang memang sudah ada sejak manusia lahir, dan sistem imun adaptif atau sistem imun yang didapat ketika seseorang telah terinfeksi satu penyakit.

"Akhirnya, ketika anak usia sekolah dasar itu sudah mulai jarang sakit," kata dr Fransisca.

Lalu, ketika anak menjalani vaksinasi, biasanya timbul demam. Sebagian anak diberi parasetamol oleh orang tuanya.

"Anak yang tidak dikasih parasetamol itu titer antibodinya lebih tinggi dibanding yang dikasih parasetamol," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement