Selasa 29 Nov 2022 17:10 WIB

Benarkah Lip Balm Justru Buat Bibir Lebih Kering?

Hati-hati dalam memilih lip balm.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Wanita menggunakan lip balm atau pelembap bibir. Produk lip balm ada juga yang dapat membuat bibir terasa lebih kering dan tampak lebih kering.
Foto:

Mengaplikasikan produk lip balm yang buruk diibaratkan seperti meminum soda untuk menghilangkan dahaga. Terasa melegakan untuk jangka pendek, tetapi tidak akan membantu penyembuhan bibir pecah-pecah.

Akan tetapi, bukan berarti seseorang harus menghindari lip balm sama sekali.  Anggapan bahwa mengoleskan pelembap bibir menyebabkan tubuh berhenti menghasilkan kelembapan alami pun sebenarnya hanyalah mitos belaka.

Meski demikian, jika lip balm yang dipakai terus membuat bibir kering setelah sepekan, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit.  Dokter kulit dapat menentukan kemungkinan seseorang memiliki alergi atau kondisi medis yang mendasari penyebab bibir kering serta merekomendasikan lip balm terbaik untuk jenis kulit spesifik.

"Mengingat bibir tidak mengandung melanosit dan sangat sensitif terhadap sinar matahari, pastikan untuk menggunakan produk yang mengandung setidaknya SPF 30," ungkap Nussbaum, dikutip dari laman Real Simple, Selasa (29/11/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement