Jumat 03 Sep 2021 09:30 WIB

4 Cara Membuat Bibir Makin Cantik

Minum banyak air putih dapat membantu mencegah bibir kering.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Bibir sehat terawat/ilustrasi
Foto: ilovediscounts.my
Bibir sehat terawat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat bicara mengenai skincare, perawatan bibir seringkali luput dari perhatian. Padahal, bibir juga membutuhkan perhatian yang sama besarnya seperti kulit wajah dan leher. Terlebih, area bibir juga cukup rentan mengalami pecah-pecah bila terpapar oleh cuaca yang buruk.

Agar kondisi bibir tetap terawat baik, ada empat hal yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah keempat langkah tersebut, seperti dilansir WebMD.

Baca Juga

Yang Perlu Dihindari

Ada beberapa kebiasaan yang perlu "dimusuhi" bila ingin merawat bibir. Salah satunya adalah menghindari kebiasaan bernapas lewat mulut, alih-alih lewat hidung. Bernapas lewat mulut dapat berkontribusi pada kondisi bibir yang kering.

Kebiasaan lain yang perlu dijauhi adalah menjilat bibir. Kebiasaan menjilat bibir dapat mengangkat banyak kelembapan dari bibir.

Di sisi lain, ada obat-obatan dan zat kimia pada produk skincare yang terbukti dapat membuat bibir kering. Beberapa bahan yang dapat mengeringkan bibir adalah vitamin A, eukaliptus, mentol, kamper, perisa khususnya perisa kayu manis, sitrus, mint, dan peppermint, asam salisilat, dan propil galat. Pastikan produk riasan wajah hingga lip balm terhindar dari kandungan bahan-bahan ini.

Hidrasi

Hal yang tak kalah penting untuk merawat bibir dari risiko kering dan pecah-pecah adalah hidrasi yang baik. Bibir tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga dapat mengering dengan lebih mudah.

Minum banyak air putih dapat membantu mencegah bibir kering. Bila kondisi bibir sangat pecah-pecah, coba gunakan alat pelembap udara atau humidifier di dalam ruangan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement