Selasa 29 Nov 2022 01:05 WIB

Indeks Massa Tubuh Tinggi Tingkatkan Risiko Kehilangan Gigi

Risiko kehilangan gigi meningkat pada orang yang indeks massa tubuhnya tinggi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Obesitas (ilustrasi). Orang dengan indeks massa tubuh yang lebih tinggi tampak mengalami penurunan jumlah gigi, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Public Library of Science One.
Foto:

Studi tersebut menghasilkan dua temuan baru. Apa saja?

Pertama, hasil studi menunjukkan bahwa peningkatan BMI dikaitkan dengan penurunan jumlah gigi sisa dari usia yang lebih muda. Kedua, studi menunjukkan bahwa obesitas dikaitkan dengan hilangnya gigi geraham sisa pada subjek di atas usia 30 tahun, dan bahwa status merokok lebih lanjut memengaruhi kehilangan gigi pada posisi yang tidak terpengaruh oleh obesitas saja.

Cara mengihitung

Indeks massa tubuh digunakan sebagai panduan kasar saat berolahraga jika seseorang dianggap kelebihan berat badan. Ini dapat dihitung dengan membagi berat badan Anda dalam kilogram dengan tinggi badan Anda dalam satuan meter yang dikuadratkan.

National Health Service (NHS) di Inggris mengatakan indeks massa tubuh ideal untuk kebanyakan orang dewasa adalah dalam kisaran 18,5 hingga 24,9. Antara 25 dan 29,9 dianggap kelebihan berat badan dan antara 30 dan 39,9 digolongkan sebagai obesitas.

Risiko kesehatan lain yang menyertai kelebihan berat badan atau obesitas meliputi beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus, strok, kolesterol tinggi, dan osteoartritis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement