Senin 21 Nov 2022 16:44 WIB

Varises Jika tidak Ditangani Bisa Sebabkan Komplikasi Serius

Varises yang tidak ditangani bisa berdampak serius bagi kesehatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Varises yang tidak ditangani bisa berdampak serius bagi kesehatan.
Foto: www.freepik.com
Varises yang tidak ditangani bisa berdampak serius bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Varises sudah dikenal sejak lama. Hanya saja banyak orang yang mengabaikannya karena hanya dianggap masalah sepele yang ditandai urat-urat biru keunguan yang umumnya terjadi pada kaki.

Dokter spesialis bedah subspesialis bedah vaskular dan konsultan ndovaskular yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr Febiansyah Kartadinata Rachim, SpB, Subsp. BVE (K), menjelaskan, varises terjadi ketika ada kerusakan katup pada pembuluh darah vena menyebabkan arus balik ke arah jantung tidak berjalan dengan baik. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga urat tampak jelas, menonjol keluar, dan berwarna biru atau ungu tua. 

Baca Juga

Ia mengungkapkan sering kali dianggap sebagai permasalahan yang mengganggu penampilan, nyatanya varises dapat pula berdampak serius bagi kesehatan, bahkan menimbulkan komplikasi yang lebih serius. Menurutnya, dampak varises terhadap kesehatan, jika tidak ditangani varises dapat menyebabkan peningkatan rasa sakit, pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah.

"Makin bengkak, makin tidak bisa sembuh. Karena rusak pembuluh darah ada penggumpalan di pembuluh darah" ujarnya dalam acara diskusi media di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Selain itu, menurutnya penggumpalan darah dapat terbentuk di vena dalam (deep vein thrombosis), dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah (emboli) dan lainnya. "Gumpalan masuk kedalam siklus tubuh. Tergantung nyangkut dimana. Jika gumpalan lepas masuk paru jadi emboli paru. Meninggal juga," ungkapnya.

Gumpalan juga bisa lepas masuk kedalam jantung dan menjadi serangan jantung. Jika masuk ke otak, maka akan menjadi stroke. 

"Ternyata banyak komplikasinya," ujarnya.

Jadi, ia mengatakan, varises itu bukan kosmetik tapi suatu penyakit yang memang harus diperbaiki karena efeknya tidak baik.

"Bahaya loh, jangan anggap remeh. Varises bisa menurunkan kualitas hidup. Gaya hidup berkurang. Kalau kaki bengkak, urat banyak. Pakai heels makin nongol. Jalan-jalan, kaki susah buat jalan," paparnya.

Karena itu, sebelum terjadi, sebaiknya cegah varises. Cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal. Hindari menyimpangkan kaki ketika duduk.

Selain itu, rutin berolahraga terutama penguatan otot kaki. Jangan lupa lakukan peregangan kaki secara rutin

"Jika harus berdiri lama, pindahkan beban dari satu kaki ke kaki lainnya setiap beberapa menit," sarannya

Anda juga sebaiknya menghindari penggunaan celana ketat dan bijak dalam menggunakan high heels.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement