Senin 21 Nov 2022 11:41 WIB

Psikolog: Rasa Percaya dan Aman Tumbuh Jika Anak Punya Kelekatan dengan Ayah Ibunya

Orang tua perlu membangun kelekatan dengan anaknya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi ibu dan anak. Membangun kelekatan (bonding) dengan anak bisa dilakukan salah satunya dengan bermain bersama.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi ibu dan anak. Membangun kelekatan (bonding) dengan anak bisa dilakukan salah satunya dengan bermain bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membangun dan memperkuat bonding dengan anak sangatlah penting dilakukan oleh orang tua. Psikolog sekaligus kepala Pengembangan Asosiasi/Ikatan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), Henndy Ginting, mengatakan bahwa bonding atau kelekatan bisa menciptakan rasa percaya dan rasa aman pada anak.

"Bonding itu penting sekali dan karenanya orang tua perlu berperan sebagai teman buat anak," kata Henndy kepada Republika.co.id, Senin (21/11/2022).

Baca Juga

Henndy mengatakan, memperkuat bonding dengan anak juga bermanfaat untuk perkembangan kepribadian anak. Ikatan emosional yang terjalin dengan baik dengan orang tua akan membuat anak lebih percaya diri, mandiri, dan mudah berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu, ketika seorang anak memiliki bonding yang baik dengan ayah dan ibunya, ia cenderung bisa mengendalikan atau meregulasi emosi yang sulit. Anak juga jauh dari rasa tertekan.

 

Menurut Henndy, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjalin bonding seperti dengan melakukan kegiatan-kegiatan bersama yang setara. Menjalankan kegiatan ibadah atau pekerjaan rumah secara bersama-sama dapat menjadi alternatifnya.

"Orang tua juga tidak boleh jaim, harus mau mendampingi anak saat dia bermain atau mewarnai, misalnya, karena bermain bersama juga jadi salah satu cara terbaik untuk membangun bonding dengan buah hati," kata Henndy.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement