Sabtu 19 Nov 2022 08:40 WIB

Film Horor Contorted, Menakut-nakuti Tanpa 'Penampakan' Berlebihan

Adegan jumpscare di film ini tidak dilakukan melalui kemunculan hantu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Film Contorted.
Foto: Eontalk Media
Film Contorted.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi penyuka horor, film Contorted mungkin bisa menjadi pilihan. Film dari Korea Selatan (Korsel) ini menyajikan kisah menyeramkan dengan unik.

Jika biasanya adegan mengagetkan atau jumpscare dalam film horor disuguhkan melalui penampakan hantu menyeramkan, pada Contorted, jumpscare dilakukan secara berbeda. Sang sutradara, Kang Dong-hun, berhasil menciptakan ketegangan tak biasa itu. Cara pengambilan gambar dan juga suara yang diperdengarkan terasa begitu nyata sehingga membuat penonton kaget dan seperti ikut ke dalam setiap adegan film.

Baca Juga

Contorted yang tayang di bioskop Indonesia sejak 23 Oktober 2022 ini memiliki alur cerita sederhana yang mengangkat kisah kehidupan ibu rumah tangga di Korea dalam mengurus anak. Film ini bermula ketika keluarga Hyun-Min (Kim Min-jae) pindah ke rumah baru. Harga rumah tersebut cukup terjangkau.

Siapa sangka, rumah itu menyimpan segudang banyak keanehan. Keanehan ini sebenarnya sudah dirasakan Myung-Hae (Seo Young-hee) sejak awal. 

 

Kondisi keuangan keluarga yang pas-pasan ditambah harus mengurus ketiga anaknya, Myung-Hae kerap merasa stres, padahal ketiga anaknya tidak nakal. Rutinitas yang dijalaninya yang membuat dirinya tertekan.

Keanehan demi keanehan mulai dirasakan pula oleh anak pertama mereka Hee-Woo (Kim Bo-min). Namun dia tak pernah mengungkapkan itu. Salah satu yang dia alami yaitu melihat dua anak kecil yang mengajaknya bermain, dan kerap memberikan petunjuk tentang hal-hal mengerikan di rumah itu.

Hyun-Min baru merasakan suasana rumah itu aneh, ketika Myung-Hae berubah sikap. Tiba-tiba Myung-Hae menjadi bersemangat menjalani hari-harinya dan wajahnya berseri tidak seperti sebelumnya.

Myung-Hae mulai rajin memasak, memakai pakaian cantik setiap hari, hingga sering pergi keluar rumah untuk belanja. Apa yang membuat Myung-Hae berubah?

Semua itu terjawab dalam Contorted. Penonton akan dibuat kagum dengan akting Seo Young-hee yang bisa memerankan dua pribadi yang sangat berbeda. Dialog yang dilontarkannya juga cukup mengena ke hati para ibu yang mungkin merasakan tekanan serupa.

Akting Kim Bo-min sebagai anak yang pendiam juga tampak sangat natural dan membuat jantung penonton "berlari" terutama ketika dia berusaha menghindar dari sesuatu yang jahat di rumah itu. Meski lebih banyak adegan di dalam rumah, film ini terbilang cukup menegangkan.

Kang Dong-hun sendiri sebelumnya menyutradarai dua film drama sehingga tak heran film ini memiliki unsur drama kental dari sang ibu yang menjadi pemeran utama. Contorted juga menggambarkan bahwa ketika seseorang merasa tertekan, banyak masyarakat Korea yang memilih untuk bunuh diri.

Unsur klenik ala Korea dalam film ini dihadirkan dengan cukup unik melalui ruang rahasia di gudang luar rumah. Sayangnya, film ini kurang mengulas dengan detail hal tersebut.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement