Selasa 15 Nov 2022 13:46 WIB

Lewat Evoria, Endah N Rhesa Berbagi Cara Bertahan Puluhan Tahun di Industri Musik

Evoria bisa menjadi wadah bukan hanya membuat lagu bagus tapi membangun jaringan

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Gita Amanda
Peluncuran Evoria, platform inkubasi musisi pendatang baru yang akan dikurasi dan dimentori praktisi pendukung. Acara digelar di Urban Forest Cipete, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Peluncuran Evoria, platform inkubasi musisi pendatang baru yang akan dikurasi dan dimentori praktisi pendukung. Acara digelar di Urban Forest Cipete, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi pendatang baru yang ingin eksis di industri musik tanah air, tidak bisa hanya mengeluarkan satu hits lalu menghilang. Penting untuk belajar dari beberapa senior yang telah berhasil bertahan puluhan tahun, hal ini yang ingin dibagikan oleh Endah N Rhesa.

Sebagai musisi yang sudah malang melintang sejak 2003, Endah N Rhesa mengatakan saat ini perlu dilakukan inkubasi bagi musisi-musisi baru apalagi dengan banyaknya jalur yang bisa menyalurkan mereka. Dengan inkubasi, mereka akan terkurasi dan terpilih pula yang berkualitas.

Sebuah platform inkubasi musisi, Evoria, bisa menjadi wadah untuk tidak hanya membuat lagu yang bagus, tetapi juga untuk membangun jaringan dengan orang-orang yang sudah ekspert. Endah N Rhesa pun juga akan mengisi sebagai mentor dalam platform ini.

“Salah satu cara untuk melahirkan tidak hanya musisi punya kualitas yang bagus tapi memberi gambaran bahwa bisa menjadikan karier yang panjang di industri ini, bukan hanya satu hingga dua tahun tapi gambaran bisa sampai 10 tahun ke depan, bisa punya puluhan album,” ungkap Endah dalam peluncuran Evoria di Urban Forest Cipete, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

Ia bersama Rhesa mengaku senang bisa terlibat dengan program platform Evoria. Sepanjang pengalaman mereka di dunia musik, mereka menyadari pentingnya memiliki waktu dan energi yang fokus dalam pembuatan karya hingga membangun perencanaan karier ke depan.

Evoria membantu memfasilitasi para musisi baru untuk meningkatkan kualitas karya, membangun jejaring, menambah jam terbang, hingga bertemu orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. “Semoga setelah mengikuti platform ini akan muncul musisi-musisi baru dengan karya serta karir yang panjang dan cemerlang,” katanya.

Penjaringan adalah proses menemukan talenta-talenta baru, kemudian dikurasi dengan baik, yang selanjutnya melalui proses inkubasi musisi untuk memberikan banyak pelajaran dan pengalaman untuk terjun ke industri musik menjadi artis profesional.

Melalui platform Evoria diharapkan banyak musisi pendatang baru profesional bermunculan di seluruh pelosok Nusantara, dan mempercepat terjadinya regenerasi yang sehat dan berkelanjutan pada ekosistem musik.

M Bloc Entertaiment, M Bloc Xperience, dan Alive Indonesia akan memfasilitasi sekaligus memberikan pengalaman itu secara terintegrasi. Berikut adalah susunan detail program Evoria:

1. Tujuannya agar para musisi baru berani meng-explore konsep, gagasan, praktik bermusik mereka secara lebih berdaya dengan bergabung bersama platform ini.

2. Kick-off program dengan gathering, workshop, talkshow dan showcase musik serta jumpa pers; yang menghadirkan tamu partisipan dari label rekaman, kolektif musik, musisi, dan wartawan/media musik.

3. Submission dengan penjaringan melalui registrasi via situs evoria.id dan aplikasi M Bloc Xperience mulai 10 November hingga 11 Desember 2022.

4. Mempromosikan musisi-musisi terpilih dalam submission tersebut.

5. Mengkurasi dan memilih 10 musisi atau band untuk diberikan reward melalui proses inkubasi musisi.

6. Menghadirkan proses inkubasi musisi dengan memberikan kesempatan para musisi yang terpilih lolos kurasi untuk mengikuti mentoring bersama para musisi ternama dan praktisi industri musik profesional dengan latar belakang teori dan praktik yang beragam, sesuai dengan kebutuhan inkubasi (pendidikan musik, infrastruktur musik, jejaring relasi, dan pengembangan yang berkesinambungan).

7. Proses inkubasi musisi menghadirkan sembilan sesi khusus yaitu: Life From Music, Songwriting Process, Music Production, Live Performance, Digital Music Distribution, Artist Management & Booking Agency, IP & Copyrights, Music Bussiness, hingga Performing Rights Organization.

8. Memberikan rewards dari partner dan kesempatan tampil dalam berbagai showcase musik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement