Rabu 09 Nov 2022 12:09 WIB

Sekuel Black Panther Banyak Sorot Karakter Perempuan, Ini Kata Sutradara

Ada cukup banyak karakter perempuan yang ditonjolkan dalam sekuel 'Black Panther'.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Foto adegan film Black Panther: Wakanda Forever.
Foto: Dok Marvel Studios
Foto adegan film Black Panther: Wakanda Forever.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Ryan Coogler menyadari sekuel Black Panther menyoroti banyak tokoh perempuan. Sebut saja Ratu Ramonda (Angela Bassett) dari Kerajaan Wakanda, Putri Shuri (Letitia Wright), serta Okoye (Danai Gurira) yang merupakan jenderal di satuan tentara perempuan Wakanda, Dora Milaje.

Coogler menjelaskan bahwa itu bukan kecenderungan untuk menonjolkan gender tertentu. "Tidak benar-benar tentang gender, secara langsung, tetapi tentang siapa yang paling terpengaruh," ujarnya pada konferensi pers global Black Panther: Wakanda Forever, belum lama ini.

Baca Juga

Pengaruh yang dimaksud Coogler adalah soal wafatnya Black Panther alias Raja T'Challa (Chadwick Boseman). Dia mencontohkan Shuri, adik T'Challa, yang selama ini selalu ada dalam perlindungan kakak laki-lakinya. Saat Shuri kehilangan T'Challa, dia benar-benar terpukul hingga kehilangan rasa percaya dirinya.  

Kesedihan itu terasa nyata sebab aktor Chadwick Boseman pemeran Black Panther meninggal dunia dua tahun silam. Aktris Letitia Wright yang memerankan Shuri mengaku sempat tenggelam dalam duka dan butuh upaya keras untuk kembali melangkah.

 

Dia mengenang kehangatan tokoh T'Challa dan Shuri, pembagian peran di antara mereka dalam keluarga. T'Challa adalah pemimpin yang membuat sejumlah keputusan strategis, sementara Shuri sosok jenius yang merancang berbagai penemuan teknologi canggih.

Wright melakukan percakapan dari hati ke hati dengan sutradara Coogler. Mereka juga membincangkan perkembangan karakter Shuri, cara dia bertumbuh. Semua karakter dalam film akan menghadapi sebuah persimpangan dan harus menentukan pilihan hidup, begitu pula dengan Shuri.

"Seperti apakah jadinya, ketika hatinya hancur? Perempuan muda ini akan melalui sesuatu yang berat bersama keluarganya dan Wakanda. Mudah-mudahan penonton dapat benar-benar beresonansi dengan itu dan menemukan penyembuhan duka bersama," kata Wright.

Produser Nate Moore ikut berkomentar tentang deretan tokoh perempuan yang menjadi sorotan dalam film. Menurut Moore, tim sudah fokus pada karakter yang tepat, yang paling terpengaruh oleh kematian T'Challa. Tidak menyoroti mereka akan merugikan cerita.

"Saya pikir ini bukan tentang mengarahkan perempuan ke depan atau membatasi pria, ini tentang menceritakan kisah secara organik. Kami diberkati dengan pemeran luar biasa yang menghembuskan kehidupan ke dalam karakter, membuat penonton ingin tahu apa yang terjadi dengan mereka," ungkap Moore.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement