Ahad 06 Nov 2022 08:40 WIB

Efek Samping Mematikan Ini Intai Penyintas Covid-19

Penyintas Covid-19 berisiko alami masalah kesehatan yang mematikan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Penyintas Covid-19 memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami masalah kesehatan parah--seperti tromboemboli vena-- dibandingkan orang yang tak pernah kena Covid-19.
Foto:

Tim peneliti mengungkapkan bahwa studi mereka menyoroti adanya peningkatan risiko kardiovaskular pada individu yang pernah terkena Covid-19. Menurut tim peneliti, risiko ini mungkin akan menjadi lebih besar di negara-negara dengan keterbatasan akses terhadap vaksin.

Studi ini melibatkan lebih dari 50 ribu data warga Inggris yang termuat di Biobank. Sebanyak 17.871 di antaranya merupakan warga Inggris penyintas Covid-19. Seluruh paritisipan dipantau sampai mereka terkena masalah kardiovaskular atau mengalami kematian.

Di tengah mendominasinya varian Omicron, Zoe Symptom Tracker App menemukan ada beberapa gejala yang umum ditemukan saat ini. Lima gejala Covid-19 yang paling sering dikeluhkan adalah nyeri tenggorokan, hidung beringus, sakit kepala, hidung tersumbat, dan batuk kering.

Selain itu, ada beberapa gejala lain yang juga kerap dikeluhkan pasien Covid-19 saat ini. Gejala tersebut adalah bersin, batuk berdahak, suara serak, nyeri otot, lelah, perasaan seperti akan pingsan, perubahan indra penciuman, pembengakakn kelenjar leher, sakit pada mata, nyeri dada, sesak napas, kehilangan indra penciuman, sakit telinga, menggigil, dan nyeri sendi bahu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement