Sabtu 05 Nov 2022 13:51 WIB

5 Sarapan Bergizi untuk Menurunkan Berat Badan

Makan makanan yang salah dapat menggagalkan upaya penurunan berat badan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Oatmeal (ilustrasi). Oatmeal adalah salah satu pilihan sarapan paling sehat dan paling lezat untuk menurunkan berat badan.
Foto: Wikimedia
Oatmeal (ilustrasi). Oatmeal adalah salah satu pilihan sarapan paling sehat dan paling lezat untuk menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang merasa menurunkan berat badan begitu sulit. Memutuskan apa yang harus dimasak setiap hari juga sulit.

Namun, yang lebih sulit adalah memutuskan apa yang harus dimakan saat mencoba menurunkan berat badan. Mengkonsumsi makanan yang salah dapat menggagalkan upaya penurunan berat badan Anda.

Baca Juga

Dilansir dari news 18 pada Rabu (2/11/2022), jika Anda memilih diet yang tepat, makanan benar-benar dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan membuat Anda kenyang lebih lama.

Berikut adalah lima makanan sarapan bergizi untuk menurunkan berat badan:

Telur

Telur adalah komponen utama sarapan untuk penurunan berat badan. Telur tinggi protein, vitamin dan kandungan mineral. Telur rendah kalori dan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Perut yang lebih kenyang membuat Anda cenderung tidak ingin ngemil. Menariknya, telur dapat dihidangkan dengan berbagai cara baik direbus, orak-arik, dikukus dan sebagainya.

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu pilihan sarapan paling sehat dan paling lezat untuk menurunkan berat badan. Oatmeal mengandung serat larut, yang membuat perut terasa kenyang sekaligus mengurangi kolesterol. Anda dapat membuat sajian bergizi dengan menggabungkannya dengan setengah cangkir yogurt tanpa lemak.

Biji Gandum

Makanan super modern ini banyak mengandung serat dan protein nabati. Biji gandum memiliki indeks glikemik rendah, rendah kalori dan bebas gluten.

Biji gandum merupakan serat tidak larut yang meningkatkan rasa kenyang. Anda dapat menikmati sarapan untuk menurunkan berat badan dengan menggabungkan biji gandum yang dimasak dengan tomat, bayam, bawang dan taburan jintan.

Salad Kecambah

Tauge kaya akan protein nabati, yang membantu mengurangi makan berlebihan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, kecambah adalah pembangkit tenaga nutrisi, tinggi protein, kalsium, serat, vitamin, enzim dan mineral. Anda bisa makan kecambah matang atau mentah yang dikombinasikan dengan sayuran dan rempah-rempah lainnya.

Biji Rami

Biji rami kaya akan serat kental yang larut dalam air, yang membantu penurunan berat badan dengan memperlambat pencernaan dan menurunkan asupan kalori. Biji rami bisa ditaburkan di sereal atau digunakan untuk mengentalkan smoothie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement