Kamis 03 Nov 2022 14:29 WIB

Kulit Kering dan Gatal Bisa Menjadi Tanda Awal Penyakit Lain

Kulit kering dan gatal tak bisa disembuhkan hanya dengan pelembap.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Menggaruk (Ilustrasi). Kulit yang kering dan gatal sebaiknya diperiksakan.
Foto:

Akan tetapi, menurut dr Amelia, dalam penelitian memang ditemukan bahwa kulit orang lebih kering ketika mengidap diabetes, gagal ginjal hingga membutuhkan cuci darah, atau ada kelainan empedu. Kondisi ini juga terlihat pada lansia berpenyakit demikian dibandingkan lansia yang normal.

"Penelitian-penelitian yang dilakukan memang ditemukan memang banyak seperti itu sehingga akhirnya disimpulkan bahwa penyakit kulit kering dan gatal banyak ditemukan pada mereka yang memiliki riwayat gula, penyakit ginjal, dan lain sebagainya," ujarnya.

Dr Amelia menyebut tidak ada patofisiologi atau penjelasan lebih lanjut untuk hal-hal seperti itu. Sebab, itu terjadi di tingkat selular.

Selain sederet penyakit tersebut, masih banyak penyakit lain yang dapat membuat kulit kering dan gatal, misalnya penyakit psikiatri seperti gangguan obsesif kompulsif. Orang yang dimaksud selalu ingin serbabersih, rajin memakai hand sanitizer, atau lotion.

"Tak hanya itu, kulit kering dan gatal juga bisa terjadi akibat infeksi jamur, infeksi bakteri, atau kutu," kata dr Amelia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement