Senin 08 May 2023 18:41 WIB

Tumit Pecah-Pecah? Dokter Rekomendasikan Tiga Cara Ini untuk Mengatasinya

Tak sedikit orang yang mengalami tumit kering, kapalan, dan pecah-pecah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang perempuan memegang tumitnya (Ilustrasi). Kulit tumit pecah-pecah dapat diatasi dengan pengobatan rumahan.
Foto: www.freepik.com.
Seorang perempuan memegang tumitnya (Ilustrasi). Kulit tumit pecah-pecah dapat diatasi dengan pengobatan rumahan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaki kerap menjadi area tubuh yang sering diabaikan dan kurang dirawat. Akibatnya, tak sedikit orang yang mengalami tumit kering, kapalan, dan pecah-pecah.

Kondisi itu mungkin tidak berbahaya, tapi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Bahkan, dalam beberapa kasus, tumit pecah-pecah bisa menjadi menyakitkan sehingga seseorang sulit untuk berjalan, terutama jika retakan pada tumit cukup dalam.

Baca Juga

Dokter kulit Geetika Mittal Gupta membagikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Gupta menyampaikannya lewat akun Instagram @drgeetika.

"Cobalah tiga pengobatan rumahan sederhana ini untuk menenangkan tumit yang pecah-pecah dan memberikan kelegaan yang dibutuhkan," ujarnya, dikutip dari laman Indian Express, Senin (8/5/2023).

Tips pertama yang disarankan ahli kulit dan dokter estetika itu adalah menjaga kelembapan kaki. Caranya, seseorang perlu konsisten dalam mengoleskan krim pada kaki, minimal dua kali sehari. Oleskan pelembap di pagi hari dan sebelum tidur.

"Jika menginginkan hidrasi yang lebih baik, tambahkan lapisan tipis petroleum jelly untuk mencegah hilangnya kelembapan," kata Gupta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement