Kamis 27 Oct 2022 19:23 WIB

Bono U2 Ingin Buat Rekaman Album Gitar Listrik Terinspirasi AC/DC

Bono menyebut membutuhkan 'virus rock progresif' untuk karakter band.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Vokalis U2 Bono.
Foto: AP
Vokalis U2 Bono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paul David Hewson atau dikenal dengan nama panggung, Bono, pentolan band rock asal Irlandia, U2, mengungkapkan, ingin merekam album gitar listrik, inspirasi dari AC/DC dan menyarankan Mutt Lange sebagai produsernya. Berbicara kepada New York Times, Bono mengibaratkan adanya "virus rock progresif" yang telah masuk ke dalam karakter band dengan eksperimental No Line On The Horizon sedemikian rupa.

Dia melihat album seperti Songs Of Innocence tahun 2014 dan tindak lanjutnya, Songs Of Experience 2017, sebagai perbaikan yang mengembalikan keseimbangan penulisan lagu U2. "Kita semua membuat kesalahan. Virus rock progresif masuk, dan kami membutuhkan vaksin. Disiplin penulisan lagu kami, hal yang membuat U2, melodi papan atas, pikiran jernih, telah hilang,” kata Bono, seperti dikutip dari laman Musicradar, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga

Bono merasa hanya bisa melakukan hal-hal eksperimental jika memiliki kemampuan menulis lagu. Jadi ia merasa harus ke sekolah penulisan lagu, lalu akan merasa baik-baik saja.

“Selama dua album itu, Songs Of Innocence dan Experience, penulisan lagu kami kembali,” ujar musisi berusia 62 tahun tersebut.

Songs Of Innocence dan Experience adalah perubahan kecepatan bagi U2. Kolaborator reguler Brian Eno keluar, dan masuklah sejumlah produser terkenal, termasuk Danger Mouse, Paul Epworth, Ryan Tedder, Andy Barlow, dan Steve Lilywhite.

Tetapi Bono yakin rehabilitasi U2 masih penuh tantangan. Hal yang dibutuhkan sekarang adalah album rock 'n' roll, karya yang melampaui batas band.

“Sekarang kita perlu mengembalikan kekuatan rock 'n' roll,” kata Bono. 

Bono tidak tahu siapa yang akan membuat album rock 'n' roll’ itu, dan hampir menginginkan AC/DC, Mutt Lange. “Pendekatan. Disiplin. Disiplin penulisan lagu. Itu yang kami inginkan,” kata dia lagi.

Ide U2 membuat album yang terinspirasi AC/DC adalah prospek yang menggiurkan. Edge, yang merupakan anggota U2 tidak mungkin menonaktifkan cara bermusiknya. Akan tetapi album rock stripped-down akan menjadi hal baru bagi band yang sering identik dengan maksimalisme sonik dalam suaranya. Dengan Mutt Lange, kemungkinan ada banyak kesempatan di mana Larry Mullen Jr (drummer U2) memiliki kombinasi dalam cara bermainnya.

Sementara Lange telah keluar dari rotasi sebagai produser AC/DC sejak Who Made Who 1986, Brendan O'Brien selalu hadir di ruang kontrol. Sejak Black Ice 2008, dia membuat dirinya sibuk, terakhir bekerja dengan Bryan Adams dalam judul lagu “So Happy It Hurts”. 

Apakah Lange akan tersedia? Akankah Lange siap untuk itu? Dia mungkin harus siap, karena Bono mengatakan ingin mengeluarkan "album gitar yang nyaring, tanpa kompromi, dan tidak masuk akal" ini sebelum Songs Of Ascent yang telah lama diperdebatkan untuk ditayangkan. Adapun Songs Of Ascent, hampir selesai, dengan 20 lagu yang siap diputar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement