Selasa 11 Oct 2022 06:10 WIB

Mengapa Orang Berusia di Bawah 50 Makin Banyak yang Kena Kanker?

Studi ungkap penyebab kanker yang terjadi sebelum usia 50 tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kanker (ilustrasi). Apa yang kita hadapi di awal kehidupan dapat memengaruhi risiko terkena kanker di kemudian hari.
Foto:

Ini tampaknya lebih menonjol pada beberapa jenis kanker usus kolorektal, pankreas, dan lambung. Salah satu alasan yang mungkin untuk kecenderugan ini berkaitan dengan diet dan mikrobioma.

Bakteri usus diubah oleh diet tinggi gula, antibiotik, dan masa menyusui. Dan ketika pola hal-hal ini berubah di masyarakat dari waktu ke waktu, begitu juga bakteri di usus

Jika sel-sel sehat terprogram di dalam rahim, maka sel-sel yang terus berkembang menjadi penyebab kanker mungkin juga demikian. Pola makan ibu, obesitas, dan paparan lingkungan, seperti polusi udara dan pestisida, diketahui meningkatkan risiko penyakit kronis dan kanker.

Sebaliknya, pembatasan asupan makanan selama kehamilan seperti kelaparan, meningkatkan risiko kanker payudara pada keturunannya. Kedua temuan ini akan memiliki implikasi yang berbeda terkait pendekatan sosial untuk mengurangi risiko kanker.

Dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan jumlah orang muda yang didiagnosis multiple myeloma di seluruh dunia. Ini adalah kanker darah yang tidak dapat disembuhkan yang biasanya menyerang pasien di atas usia 70 tahun. Studi ini menandai obesitas sebagai faktor risiko penting untuk penyakit awal, tetapi jelas ada faktor risiko lain yang belum terungkap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement