Kamis 05 Oct 2023 22:13 WIB

10 Negara dengan Kematian Tertinggi Akibat Kanker, Indonesia?

Turki menempati posisi teratas dengan skor kematian tertinggi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan daftar negara yang memiliki tingkat kematian tertinggi akibat penyakit kanker dan jantung. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan daftar negara yang memiliki tingkat kematian tertinggi akibat penyakit kanker dan jantung. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan daftar negara yang memiliki tingkat kematian tertinggi akibat penyakit kanker dan jantung. Para peneliti menganalisis data mengenai tingkat kematian dari enam penyakit tidak menular di 38 negara yang sebagian besar berpendapatan tinggi.

Dilansir Daily Mail, Kamis (5/10/2023), penyakit yang diteliti adalah kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru, penyakit liver dan penyakit ginjal. Tim memberikan skor kematian pada sepuluh negara dengan satu skor untuk yang terbaik dan 10 untuk yang terburuk.

Baca Juga

Mereka menemukan Turki menempati posisi teratas dengan skor kematian keseluruhan tertinggi. Sementara itu AS berada di peringkat kesembilan secara keseluruhan. 

Data menunjukkan Inggris berada di peringkat ke-24 sementara Australia bernasib lebih baik lagi di peringkat ke-37. Buruknya posisi Amerika disebabkan oleh tingginya angka obesitas dan jumlah perokok.

Semua negara yang dimasukkan dalam analisis ini adalah anggota Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), sebuah forum yang terdiri dari 37 negara dengan ekonomi berbasis pasar yang didirikan pada tahun 1961.

Di antara negara-negara yang diteliti, Turki memiliki skor kematian tertinggi, yaitu 8,34 dari 10 penyakit yang dipilih didorong oleh tingginya angka kematian akibat penyakit ginjal, stroke, dan penyakit paru-paru.

Sementara negara yang menempati posisi lima besar adalah Hongaria (8,29), Republik Slovakia (7,57), Meksiko (7,39) dan Polandia (7,25). Selain obesitas dan rokok, studi juga menunjukkan tingkat masalah ginjal yang lebih tinggi. Berikut daftar lengkapnya:

1.Turki (8,34)

2.Hongaria (8,29)

3.Republik Slovakia (7,57)

4.Meksiko (7,39)

5.Polandia (7,25)

6.Latvia (7,21)

7.Ceko (7,21)

8.Lithuania (6,76)

9.AS (6,62)

10.Yunani (5,90)

Namun, Amerika memiliki skor kematian yang lebih rendah untuk kematian akibat kanker yang menduduki peringkat ke-27 dan stroke yang menduduki peringkat ke-21.

Inggris mengungguli Amerika Serikat dalam segala hal kecuali tingkat kematian akibat kanker yang secara keseluruhan berada di peringkat ke-19.

Sementara itu, negara dengan skor angka kematian terendah adalah Swiss sebesar 2,03. Diikuti oleh Australia (2,57), Israel (2,7), Spanyol (2,75) dan Prancis (2,79). Indonesia sendiri tidak masuk dalam keanggotaan OECD sehingga tidak masuk dalam objek penelitian tersebut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement