Ahad 09 Oct 2022 09:33 WIB

Momen Pembuktian Musikalitas Voice of Baceprot di Panggung Synchronize Fest

Voice of Baceprot kenang momen manggung di Synchronize Fest pada 2017.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Grup metal Voice of Baceprot (VoB) tampil di hari kedua Synchronize Festival 2022 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (8/10/2022).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Grup metal Voice of Baceprot (VoB) tampil di hari kedua Synchronize Festival 2022 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (8/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Menggelegar" jadi satu kata yang mewakili penampilan grup musik Voice of Baceprot (VoB) di hari kedua Synchronize Festival 2022 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (8/10/2022). Tiga personel VoB mulai mengentak panggung District Stage sekitar pukul 19.40 WIB dengan musik metal.

Ketiga personel VoB, yakni Marsya (vokal dan gitar), Sitti (drum), dan Widi (bas), tetap hadir dengan identitas mereka, hijab dan pakaian santun yang menutup aurat. Itu tidak menghalangi para perempuan muda asal Garut, Jawa Barat, tersebut mengekspresikan diri lewat musik.

Baca Juga

Dentum musik cadas memanaskan energi penonton yang tidak ragu ikut mengangguk-anggukkan kepala hingga melonjak-lonjakkan badan tanda menikmati musik. Dengan balutan musik demikian, lagu-lagu yang dibawakan VoB tetap sarat makna, mengusung berbagai isu penting.

Sebut saja tembang "(Not) Public Property" dan "Perempuan Merdeka Seutuhnya" yang menyuarakan kritik atas belum terwujudnya kesetaraan gender. Pada "Age Oriented", VoB menuangkan kekesalan atas diskriminasi usia yang pernah mereka alami, mengingat para personel band mengawali karier bermusik sejak umur 14 tahun.

Marsya sang vokalis menyapa penonton di sela penampilan VoB, mengenang tatkala VoB manggung perdana di Synchronize Fest pada 2017. "Banyak sekali yang terjadi malam itu. Gitar mati di tengah-tengah show, penonton perlahan-lahan menarik diri, bubar semua," ujar Marsya.

Marsya dan kedua kawannya mengaku tidak sakit hati saat itu, sebab mereka menyadari permainan musik mereka lima tahun silam tidak maksimal. "Malam ini, VoB tampil lagi di Synchronize untuk membuktikan diri sudah jadi lebih baik, sedikit tapi," kata Marsya berseloroh, yang disambut sorakan tawa penonton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement