Kamis 06 Oct 2022 16:10 WIB

Hati Sedang Terluka, Tunda Obrolkan Masalah dengan Pasangan

Tunda mengobrolkan masalah saat emosi sedang tidak baik, misalnya saat terluka.

Pasangan suami-istri sedang mengobrol. Hindari menyampaikan keluhan atau masalah saat sedang emosi karena hasilnya tidak akan baik.
Foto:

Untuk itu, saat berkomunikasi atau menyampaikan keluhan dengan pasangan, menurut Lili, ada faktor yang harus diperhatikan. Suami dan istri harus sama-sama dalam emosi yang baik dan terhubung dengan nilai terdalam masing-masing.

"(Nilai terdalam) ini entah cinta mendalam kita, misi kita bersama sebagai keluarga, kita merasa punya tujuan yang sama, saling melengkapi, pengampunan, kesabaran, atau humor. Tiap orang itu berbeda (nilai terdalamnya)," tutur dia.

Oleh karena itu, lanjut Lili, penting sekali bagi setiap orang untuk mengenali nilai terdalam diri masing-masing karena akan menjadi kekuatan dan modal dalam menghadapi konflik. Selain itu, juga penting untuk memiliki kemampuan membaca situasi sebelum berkomunikasi dengan pasangan.

"Kapan saja sih,kita bisa membicarakan masalah ini? Apakah saat dia sedang santai, bangun tidur, atau saat makan? Kita harus cerdas, oh ternyata kalau dia lagi makan makanan favoritnya enak nih mau ngomongin apapun. Jadi harus bisa membaca situasi," kata Lili.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement