Jumat 30 Sep 2022 03:48 WIB

Tanda-Tanda Kanker Bisa Dideteksi dari Kebiasaan Buang Air Besar

Biasakan mencermati kebiasaan buang air besar agar tahu kapan harus periksakan diri.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Perut mulas (Ilustrasi). Cermati frekuensi buang air besar hingga konsistensi kotoran sebagai bentuk kewaspadaan akan gejala kanker.
Foto:

Jarvis mengingatkan bahwa sejumlah obat-obatan dapat menyebabkan feses lebih encer atau memicu efek samping konstipasi. Contohnya adalah obat penghilang rasa sakit berbasis kodein, obat penghilang rasa sakit kombinasi seperti co-codamol dan co-dydramol, serta obat penghilang rasa sakit yang sangat kuat seperti morfin. Begitu juga antidepresan, tablet zat besi, obat untuk kandung kemih yang terlalu aktif, serta obat untuk penyakit parkinson.

"Kotoran terdiri dari kombinasi makanan yang belum diserap ke dalam sistem tubuh, produk limbah, bakteri yang hidup secara alami di usus, dan air. Jika Anda minum obat dan merasa itu mungkin terkait dengan sembelit, apoteker akan dengan senang hati memberi saran," tutur Jarvis.

Mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung serat dapat membantu membuang kotoran, memungkinkan BAB lebih teratur, dan lebih sedikit mengejan. Contoh makanan kaya serat meliputi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lentil.

Minum air juga sangat penting agar tubuh tetap terhidrasi. Pasalnya, ketika seseorang mengalami dehidrasi, lebih banyak air dari usus akan diserap kembali ke dalam sistem. Kondisi demikian membuat kotoran berukuran lebih kecil, lebih keras, dan lebih sulit untuk dikeluarkan.

Adapun lima tanda mengkhawatirkan dari kebiasaan BAB yang bisa mengarah ke kanker usus meliputi pendarahan dari dubur atau darah di kotoran, perubahan kebiasaan BAB menjadi lebih sering, nyeri atau benjolan di perut, kelelahan kronis, serta kehilangan berat badan. Jika mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter, dikutip dari laman The Sun, Kamis (29/9/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement