Selasa 27 Sep 2022 17:23 WIB

Cara Mewujudkan Sekolah dan Tempat Kerja Sebagai Lingkungan Sehat Secara Mental

Sekolah dan tempat kerja harus menjadi lingkungan yang sehat secara mental.

Anak sekolah bermain di Festival Dolanan Tradisional Anak 2022 di Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (27/8/2022). Sekolah perlu menjadi tempat yang sehat secara mental.
Foto:

Beberapa cara yang dapat diterapkan oleh pihak sekolah agar dapat menciptakan lingkungan yang sehat mental, yaitu memberikan pelatihan kesehatan mental dasar kepada semua guru dan siswa, memiliki fasilitas pusat kesehatan di sekolah dan di kampus, sehingga akses lebih mudah dijangkau siswa. Sekolah juga perlu mengadakan acara terbuka secara rutin yang dihadiri orang tua untuk mempelajari lebih lanjut tentang kesehatan mental siswa dan cara mendukung anak mereka.

Kasandra juga membagikan sejumlah cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat mental, yaitu dengan mendorong semua pekerja untuk berbicara secara terbuka tentang kesehatan mental, mengidentifikasi, dan jika memungkinkan mengurangi risiko terhadap kesehatan mental karyawan. Ia merekomendasikan agar pihak perusahaan untuk mendukung semua karyawan, termasuk mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental.

"Perusahaan perlu memandang keragaman sebagai keuntungan organisasi, mengupayakan memiliki pergantian staf yang rendah, dan mengizinkan cuti sakit/stres, menghargai loyalitas staf yang tinggi, serta mendorong karier dan pengembangan pribadi," kata Kasandra.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement