Rabu 21 Sep 2022 02:52 WIB

Mirip Seperti Pilek, Keluhan Ini Sebenarnya Gejala Kanker Paru

Ada gejala kanker paru yang bisa disalahartikan sebagai pilek.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi kanker paru. Kanker paru bukan sel kecil (NSCLC) bertanggung jawab atas sekitar 80 persen kanker paru di Inggris.
Foto:

NSCLC adalah jenis kanker yang lebih umum. Kanker paru bukan sel kecil ini bertanggung jawab atas sekitar 80 persen kanker paru di Inggris.

Penderitan NSCLC memiliki tingkat kelangsungan hidup yang jauh lebih tinggi daripada penderita kanker paru sel kecil. Jika Anda khawatir dengan gejala kanker paru, jangan ragu untuk mengunjungi dokter.

Dokter akan menanyakan tentang kesehatan dan gejala umum yang dirasakan, menilai pernapasan Anda, dan mungkin meminta tes darah. Dokter mungkin merujuk untuk pengujian lebih lanjut, dimulai dengan rontgen paru, jika Anda memang berisiko.

Mencegah kanker paru

Mayo Clinic menyatakan orang yang merokok memiliki risiko terbesar terkena kanker paru. Meskipun demikian, kanker paru juga dapat terjadi pada orang yang tidak pernah merokok.

"Risiko kanker paru meningkat seiring dengan lamanya waktu dan jumlah rokok yang Anda isap," kata Mayo Clinic.

Jik berhenti merokok, bahkan setelah merokok selama bertahun-tahun, Anda dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan terkena kanker paru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement