Senin 19 Sep 2022 22:16 WIB

Hakim Tolak Gugatan Script Supervisor Film Rust

Pengawas naskah film Rust Mamie Mitchell gugat produser film, termasuk Alec Baldwin.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Foto sinematografer Halyna Hutchins dipajang dalam acara peringatan kematiannya, Sabtu (23/10/2021). Hutchins meninggal setelah tertembak senjata properti film Rust yang dipegang aktor Alec Baldwin.
Foto: AP
Foto sinematografer Halyna Hutchins dipajang dalam acara peringatan kematiannya, Sabtu (23/10/2021). Hutchins meninggal setelah tertembak senjata properti film Rust yang dipegang aktor Alec Baldwin.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hakim di Los Angeles, AS menolak gugatan yang diajukan pengawas naskah film Rust bernama Mamie Mitchell. Dalam gugatannya, Mitchell menyebutkan bahwa tekanan emosional dan serangan sengaja dilakukan oleh para produser film, termasuk aktor Alex Baldwin.

Tragedi penembakan bermula saat Baldwin sedang berlatih menembak untuk film Rust di lokasi syuting di New Mexico pada 21 Oktober lalu. Sebelumnya, Baldwin bersikukuh bahwa dirinya tidak bersalah atas kematian sinematografer Halyna Hutchins akibat insiden penembakan itu.

Baca Juga

Baldwin mengaku tidak tahu bahwa senjata yang dipegangnya berpeluru tajam. Baldwin mengira senjata tersebut adalah jenis cold gun alias tidak berpeluru.

Kru film melakukan latihan di sebuah gereja kecil di lokasi syuting. Rust Movie Productions, Thomasville Pictures, dan Ryan Smith serta Langley Cheney mengklaim tidak tahu Baldwin benar-benar akan menembakkan senjata yang akhirnya menewaskan Hutchins. Mereka tidak menghadapi gugatan utama dalam gugatan yang diajukan pengawas naskah Mamie Mitchell, menurut The Hollywood Reporter.

 

"Produser film Rust sebelumnya menyatakan bahwa mereka tidak bertanggung jawab untuk mengawasi produksi. Mereka mengklaim perannya hanya sebatas untuk membiayai film tersebut," demikian laporan, seperti dikutip dari Fox News, Ahad (18/9/2022).

Produser membuat argumen itu di pengadilan dan saat mengajukan denda Biro Kesehatan dan Keselamatan Kerja New Mexico. Gugatan awalnya diajukan Mitchell pada November 2021, diwakili pengacara terkenal Gloria Allred, setelah kematian Hutchins dan cedera yang dialami sutradara Joel Souza akibat tembakan dari senjata yang dipegang Baldwin.

Dalam gugatannya, Mitchell mengklaim penyerangan, penderitaan yang disengaja dari tekanan emosional dan penderitaan yang juga disengaja. Klaim itu ditolak oleh hakim Los Angeles.

"Penggugat menuduh bahwa Tergugat Demurring membantu Baldwin dengan memasok senjata. Tuduhan Penggugat gagal untuk menetapkan bahwa Tergugat Demurring tahu Baldwin akan mengarahkan dan menembakkan senjata ke Penggugat sehingga mereka akan bertanggung jawab bersama atas tindakan yang disengaja," Kata hakim.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement