Jumat 16 Sep 2022 06:41 WIB

Cara Potong Alpukat Agar Dapat Nutrisi Lebih Banyak

California Avocado Commission merekomendasikan cara tepat potong alpukat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Alpukat, salah satu sumber lemak baik. Untuk mendapatkan nutrisi alpukat yang lebih banyak, potong dengan cara yang tepat.
Foto:

Berikut tahapan memotong alpukat dengan metode tersebut:

photo
Cara memotong alpukat berbasis sains yang direkomendasikan dr Michael Greger dari American College of Lifestyle Medicine. - (Dok NutritionFacts.org)

1. Cuci alpukat. Belah dua memanjang dengan mengitari bijinya.

2. Puntir alpukat hingga seperempat putaran untuk memisahkan daging dari bijinya. Potong alpukat memanjang menjadi empat bagian dan buang bijinya.

3. Kupas kulit alpukat dengan hati-hati. Jangan sampai kehilangan bagian yang kaya nutrisi yang berwarna hijau tua yang berada tepat di bawah kulit alpukat.

Metodenya dirinci oleh Tufts Health & Nutrition Letter. Hal itu memastikan bahwa siapa pun yang mengonsumsi alpukat bisa mendapatkan hasil maksimal dari bagian terluar daging alpukat yang kaya nutrisi.

Kelebihan lainnya adalah pecinta alpukat bisa mendapatkan sebanyak mungkin manfaat dari alpukat. Dr Michael selanjutnya menjelaskan bahwa alpukat dapat meningkatkan penyerapan fitonutrien karotenoid dalam sayuran lain.

Ini karena karotenoid larut dalam lemak. Namun, banyak sayuran yang optimal untuk mendapatkan karotenoid rendah lemak, misalnya ubi jalar, wortel, selada, bayam dan sayuran hijau.

Mengonsumsinya tanpa sumber lemak di perut dapat berarti bahwa beberapa nilai gizi dibuang dari pencernaan karena tidak diserap. Jadi, makan satu porsi alpukat dengan sayuran lain akan meningkatkan manfaat kesehatannya, menurut dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement