Jumat 16 Sep 2022 04:15 WIB

4 Hal Ini Terkait dengan Kanker

Empat makanan dan bahan makanan ini terkait dengan risiko kanker.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Empat makanan dan bahan makanan ini terkait dengan risiko kanker.
Foto:

3. Alkohol

Meski anggur merah telah dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari faktor risiko penyakit jantung tertentu, minum banyak alkohol dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kepala dan leher, payudara, kerongkongan, hati dan kolorektal, menurut NCI.

Mungkin sangat penting untuk minum lebih sedikit dan menghindarinya sama sekali, jika Anda khawatir atau berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Minum lebih dari satu minuman beralkohol (yaitu 2 ons bir, 5 ons anggur, atau 1,5 ons liquor) telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara, menurut University of Texas MD Anderson Center.

Ada kemungkinan minum alkohol yang banyak dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap antioksidan penting, seperti vitamin A, C dan D, menurut National Institute of Alcohol Abuse. Orang yang minum banyak alkohol juga cenderung makan lebih sedikit buah, sayuran, dan biji-bijian, yang dikaitkan dengan risiko penyakit yang lebih rendah.

 

4. Pewarna merah (red dye) 40

Salah satu karsinogen potensial yang paling diperdebatkan adalah pewarna merah 40, pewarna yang digunakan untuk pewarna makanan. Salah satu komponen dalam pewarna merah 40, p-Cresidine, terdaftar sebagai karsinogen manusia, mengacu pada data dari National Toxicology Program di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS

Semua penelitian tentang pewarna merah 40 telah dilakukan pada hewan, dan sejauh ini, tidak ada bukti yang menyimpulkan bahwa pewarna merah menyebabkan kanker pada manusia. Tidak ada penelitian yang menghubungkan pewarna merah 40 dan kanker jenis apa pun. Tapi beberapa ahli merekomendasikan untuk selalu memeriksa komposisi makanan yang dikonsumsi.

Anda dapat menemukan pewarna merah 40 di banyak makanan berwarna merah buatan, termasuk beberapa permen, sereal, yoghurt, makanan ringan gelatin, dan minuman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement