Rabu 14 Sep 2022 20:16 WIB

Terbawa Peran, Daniel Radcliffe Ingin Terus Main Akordeon

Daniel Radcliffe memainkan alat musik akordeon di film terbarunya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Daniel Radcliffe memainkan alat musik akordeon di film terbarunya.
Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Daniel Radcliffe memainkan alat musik akordeon di film terbarunya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peran di film Weird: The Al Yankovic Story membuat aktor Daniel Radcliffe harus mempelajari cara bermain akordeon. Setelah bisa memainkannya, Radcliffe tidak mau menyia-nyiakan hasil pelajarannya dan mengaku ingin terus bermain alat musik tersebut.

Yankovic adalah musisi Amerika Serikat yang dikenal lewat lagu-lagu parodi dan musik kontemporer gubahannya, yang tentunya mahir bermain akordeon. Dalam film biografi satire tentang kehidupan sang musisi itu, Radcliffe berperan sebagai Yankovic.

Baca Juga

Radcliffe yang dikenal publik setelah memerankan penyihir Harry Potter di deretan film seri berjudul sama belajar memainkan instrumen unik yang sulit itu demi peran Al Yankovic. Ketika sudah merampungkan proses produksi film, dia bahkan dihadiahi akordeon oleh Yankovic sendiri.

Pada momen pemutaran perdana Weird: The Al Yankovic Story di Festival Film Internasional Toronto, Radcliffe menceritakan bahwa awalnya dia tidak pandai bermain akordeon. Dia bangga telah mencapai level permainan yang cukup jauh jika dibandingkan ketika dia mulai belajar.

"Tampaknya bodoh untuk berhenti bermain sepenuhnya. Saya pikir saya akan secara bertahap mempertahankannya (belajar akordeon) selama bertahun-tahun, dan mungkin suatu hari saya akan dapat memainkan lagu dengan kedua tangan pada saat yang sama," kata Radcliffe. 

Selama produksi film, Radcliffe banyak menghabiskan waktu dengan sosok asli Yankovic karena sang musisi terlibat langsung dengan proyek tersebut. Bahkan, Yankovic juga sempat mengajari Radcliffe memainkan akordeon. "Dia pria yang sangat murah hati dan manis," ujar Radcliffe tentang Yankovic.

Film menghadirkan beberapa lagu Yankovic yang paling populer serta lagu baru yang dia tulis untuk kredit akhir.  Radcliffe mengatakan lagu-lagu itu terus terngiang-ngiang di kepalanya.  "Setiap kali kami membawakan lagu di lokasi syuting, itu akan tetap ada di otak seluruh kru sampai kami menyanyikan lagu berikutnya. Saya memiliki permulaan yang cukup baik (dalam memerankan Al) karena saya cukup mengenal semua lagu yang saya nyanyikan di film," ungkapnya.

Sutradara Eric Appel mengatakan Yankovic sangat berkomitmen dalam penggarapan film biografinya. Sang musisi selalu berpartisipasi dalam setiap sesi pascaproduksi, bahkan saat tur promosi. "Dia berada di Zoom sepanjang hari dari bus wisatanya. Sepanjang jalan sampai dia naik ke panggung untuk tampil, dia akan mengirimi saya pesan," ucap Appel, dikutip dari laman Entertainment Weekly, Rabu (14/9/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement