Selasa 13 Sep 2022 07:27 WIB

Sering Mengidam Makanan Jenis Ini Bisa Jadi Gejala Diabetes

Mengidam karbohidrat pada diabetesi berkaitan dengan kontrol glikemik yang buruk.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Diet sehat (Ilustrasi). Selain mengidam karbohidrat, diabetes tipe 2 juga dapat memunculkan beberapa gejala lain.
Foto:

Cara terbaik mengenali diabetes tipe 2

Terlepas dari ada atau tidaknya gejala yang muncul, edukator diabetes dari Klinio, Gary Scheiner, mengatakan cara terbaik untuk mengenali diabetes tipe 2 adalah lewat skrining tahunan. National Health Service di Inggris menganjurkan masyarakat untuk melakukan skrining diabetes tahunan menggunakan tes HbA1c.

Tes darah ini dapat memberikan gambaran mengenai kondisi kontrol gula darah seseorang dalam tiga bulan ke belakang. "Dengan (skrining tahunan) ini, diabetes bisa dideteksi pada tahap awal dan diobati dengan obat-obatan yang minimal," kata Scheiner.

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Tak hanya mendeteksi diabetes, skrining tahunan juga dapat mendeteksi kondisi pradiabetes. Bila pradiabetes ditemukan lebih awal, orang bisa menjalani berbagai upaya intervensi agar tak terkena diabetes tipe 2.

Mendeteksi diabetes tipe 2 lebih awal juga memungkinkan orang untuk mengontrol penyakit mereka lebih dini. Dengan begitu, mereka dapat terhindar dari berbagai komplikasi yang mungkin muncul akibat buruknya kontrol gula darah, seperti penyakit kardiovaskular, kerusakan saraf, kerusakan ginjal, kerusakan kaki, hingga kerusakan mata.

"Karena inilah, Anda perlu memantau kesehatan Anda secara rutin dan melakukan pemeriksaan secara berkala," ujar Scheiner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement