Senin 05 Sep 2022 22:00 WIB

Tips Buat Pengidap Diabetes Agar Tetap Aman di Tengah Wabah Cacar Monyet

Pengidap diabetes rentan terinfeksi cacar monyet.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
 Seorang pasien cacar monyet dirawat di rumah sakit Arzobispo Loayza di Lima, Peru, Selasa (16 Agustus 2022). Pengidap diabetes perlu mengontrol gula darahnya agar bisa menekan risiko terkena cacar monyet di tengah wabah.
Foto:

Screening

Dr Jeffri juga menyarankan langkah preventif lainnya adalah melakukan screening singkat pada pasangan seksual dengan pertanyaan simpel atau upaya lainnya. Apabila ada riwayat terpapar cacar monyet, sebaiknya perlu disarankan untuk melakukan karantina dan menghindari kontak langsung, membersihkan alat-alat mandi, pakaian dan jangan menggunakannya secara bersamaan.

"Penggunaan benda secara bersamaan dapat menularkan virus cacar monyet melalui kontak yang dekat seperti pelukan, kontak dari bahan-bahan linen atau bahan-bahan ruangan seperti sprei dan kemeja," ungkapnya.

Alat-alat yang digunakan bersama yang ada di rumah juga dapat menjadi penularan dan juga pastinya dari hewan-hewan peliharaan. Harus hati-hati apabila ada kontak, terutama bila ada riwayat diabetes apalagi bila kadar gula darah kita masih belum terkontrol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement