Senin 05 Sep 2022 20:49 WIB

Perubahan Cara Berkemih Bisa Jadi Pertanda Kanker Prostat

Pria perlu mengetahui apa saja gejala dan tanda dari kanker prostat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kanker prostat (ilustrasi). Selain menjadi gejala kanker prostat, perubahan cara berkemih pada pria bisa juga terjadi akibat pertambahan usia.
Foto:

Oleh karena itu, Dr Smith mengatakan pria yang mengalami perubahan cara berkemih tidak perlu khawatir berlebih. Di sisi lain, perubahan cara berkemih tetap perlu diperiksakan ke dokter untuk mengetahui secara pasti apa penyebabnya.

"Salah satu masalah besar dari kanker prostat adalah banyak orang yang mengalaminya tanpa gejala," ujar Dr Smith, seperti dilansir Express, Senin (5/9/2022).

Sebagai tambahan, Dr Smith mengatakan ada beberapa gejala yang juga patut diwaspadai. Gejala tersebut adalah rasa sakit di area kaki dan pinggul yang tak kunjung hilang. Gejala ini biasanya menandakan bahwa kanker prostat telah menyebar ke bagian tubuh lain.

Tes Antigen Spesifik Prostat

Skrining untuk kanker prostat bisa dilakukan melalui tes prostate-specific antigen (PSA). Tes PSA merupakan tes darah yang dapat mengukur jumlah PSA di dalam darah. Menurut Mayo Clinic, PSA adalah protein yang diproduksi oleh jaringan kanker dan nonkanker di dalam prostat.

"Ketika Anda menderita kanker prostat, Anda bisa memproduksi lebih banyak (PSA)," jelas Dr Smith.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement