Senin 05 Sep 2022 19:33 WIB

Menyingkap Keunikan Kecerdasan Anak Lewat Video Games

Tiap anak unik, memiliki beragam kecerdasan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Anak bermain games di ponsel (Ilustrasi). Ayah dan ibu bisa memanfaatkan video games untuk memahami kemampuan berpikir anak.
Foto:

Banyak sekali ukuran tes pada anak maka ketika ada "anak cerdas" itu bukan cuma satu angka IQ saja, tapi di bagian berpikir mana yang lebih kuat. Tentunya itu akan membantu mereka di kehidupan sehari-hari dengan peran yang sesuai dengan apa yang mereka bisa.

"Biasanya, kalau remaja ditambah dengan tes minat dan bakat itu, kalau misalnya minat atau kesukaannya di suatu area tertentu terus bisa dilihat kemampuan yang dia miliki apa," kata dia.

Dengan mengetahui hal itu, maka para orang tua bisa memberikan saran atau jurusan yang lebih sejalan dengan kemampuan berpikir dan minat anak. Mengapa penting memahami kemampuan berpikir dan keunikan pada diri anak?

"Ketika paham keunikan anak, pastinya orang tua jadi lebih mudah menyesuaikan ekspektasi dengan kemampuan anak. Misalnya, kemampuan numeriknya biasa-biasa saja, jangan dipaksa buat ikut olimpiade fisika, arahkan dengan hal yang bisa membuat anak lebih pede," ujar Saskhya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement