Senin 05 Sep 2022 14:42 WIB

Vaksin Hirup Pertama di Dunia untuk Cegah Covid-19 Dapat Izin Penggunaan Darurat di China

Vaksin Covid-19 yang hirup ini dikembangkan oleh CanSino Biologics, China.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin flu babi H1N1 diberikan melalui semprotan hidung. China telah menyetujui penggunaan darurat vaksin Covid-19 yang dihirup. Vaksin ini dikembangkan oleh CanSino Biologics, China.
Foto:

Perusahaan juga tengah mempertimbangkan pengembangan vaksin versi inhalasi untuk merangsang antibodi di jaringan hidung dan saluran napas sebagai bentuk pertahanan dalam melawan virus corona. Vaksin itu bebas jarum suntik dan dapat digunakan secara mandiri sehingga memperluas daya tarik kepada orang-orang yang ragu terhadap vaksin dan berpotensi mengurangi tekanan pada sumber daya perawatan kesehatan.

Vaksin awal CanSino yang satu kali suntik ditemukan 66 persen efektif dalam mencegah gejala Covid-19 dan 91 persen efektif melawan penyakit parah. Namun, vaksin ini mengekor vaksin yang dikembangkan Sinovac Biotech dan perusahaan milik negara Sinopharm Group yang digunakan di luar China.

Kedua perusahaan tersebut telah memasok sebagian besar dari 770 juta dosis yang telah dikirim China ke seluruh dunia. Vaksin menggunakan virus penyebab flu yang dimodifikasi untuk mengekspos sistem kekebalan terhadap virus corona, mirip dengan yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Johnson & Johnson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement