Sabtu 03 Sep 2022 06:55 WIB

Apa Itu Peradangan Kronis? Kenali Tujuh Tandanya

Peradangan kronis bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Peradangan kronis bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh.
Foto:

5. Energi menurun

Dr Adimoolam-Gupta menjelaskan bahwa peradangan kronis menyebabkan stres dalam tubuh, yang merangsang sistem saraf simpatik secara berlebihan. Dengan kata lain, Anda selalu dalam mode fight-or-flight.

"Seiring waktu, keadaan kewaspadaan yang terus-menerus ini dapat menguras energi dan menyebabkan kelelahan," kata Dr Adimoolam-Gupta.

 

6. Produksi lendir berlebih

Dr Sonpal mengatakan, produksi lendir saluran napas yang berlebihan terjadi karena selaput lendir menghasilkan dahak untuk melindungi sel-sel epitel yang terletak di lapisan sistem pernapasan. Ini terjadi terutama pada penyakit radang paru-paru seperti penyakit paru obstruktif kronik.

Namun, peningkatan lendir bisa menjadi produk dari peradangan akut juga. Misalnya, lebih banyak lendir di lubang hidung dapat terjadi karena rinitis alergi, yang merupakan akibat dari alergen (seperti serbuk sari) yang bersentuhan dengan selaput hidung.

 

7. Masalah perut

Masalah pencernaan seperti kembung, ketidaknyamanan perut, sembelit dan diare juga bisa menandakan masalah peradangan. Misalnya, gastritis yang dapat menyebabkan gejala GI yang tidak nyaman seperti perut kembung, sakit perut bagian atas, mulas dan refluks asam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement