Rabu 31 Aug 2022 05:00 WIB

Bukan Sekadar Kering, 5 Gejala Lain di Kulit Kaki Jadi Tanda Peringatan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bisa memunculkan tanda peringatan pada kulit kaki.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kulit kaki (ilustrasi). Kaki yang tampak menjadi pucat, mengkilat, dan halus dapat menjadi tanda kolesterol tinggi.
Foto:

Mengenali dan mengelola kolesterol tinggi

Meski kolesterol tinggi bisa memunculkan tanda peringatan, seperti kulit di kaki menjadi kering, tanda seperti ini tak selalu terjadi. Selain itu, tanda-tanda kolesterol tinggi biasanya muncul setelah ada masalah yang lebih serius terjadi.

photo
Kolesterol. - (Republika)

Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengidentifikasi kolesterol tinggi adalah melalui tes darah. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sebagian besar orang dewasa yang sehat dianjurkan untuk mengecek kadar kolesterol darah setiap empat hingga enam tahun.

Bagi orang-orang yang sudah mengalami kolesterol tinggi, perbaikan pola makan dapat membantu. Salah satu perbaikan yang perlu dilakukan adalah mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti sosis, mentega, biskuit, dan keju.

Selain perbaikan pola makan, sebagian pasien kolesterol tinggi biasanya membutuhkan bantuan obat statin. Obat ini berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol dan mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

Perubahan gaya hidup juga perlu dilakukan agar kadar kolesterol tetap terkontrol. Beberapa perubahan yang sebaiknya dilakukan adalah olahraga, mengurangi asupan alkohol, dan berhenti merokok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement