Jumat 26 Aug 2022 18:09 WIB

Siklus Menstruasi tak Teratur, Mungkin Ini Penyebabnya

Ada dua faktor yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur.

Siklus menstruasi (Ilustrasi). Ada dua faktor yang menyebabkan siklus menstruasi atau haid tidak teratur.
Siklus menstruasi (Ilustrasi). Ada dua faktor yang menyebabkan siklus menstruasi atau haid tidak teratur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Syafriani Tanjung mengatakan ada dua faktor yang menyebabkan siklus menstruasi atau haid tidak teratur. Umumnya, itu disebabkan oleh faktor kelainan organ atau penyakit serta non-organ seperti hormonal dan faktor lingkungan.

Syafriani menjelaskan kelainan organ yang dimaksud adalah ketika dari rahim wanita sudah ada kelainan yang menyebabkan haid terganggu. Misalnya saja myoma, kista, polycystic ovary syndrome (PCOS), polip, kanker, dan adenomyosis.

Baca Juga

"Itu sebabnya penting untuk melakukan konsultasi bersama dokter kandungan untuk melakukan USG dan mendapatkan penanganan yang sesuai," kata Syafriani " kata dr. Syafriani dalam jumpa virtual pada Jumat (26/8/2022).

Rahim bisa saja normal, tidak memiliki kelainan, tapi siklus haid tetap terganggu. Itu terjadi antara lain karena faktor hormonal, stres, aktivitas, dan makanan. Meski lebih mudah dikelola dibandingkan faktor sebelumnya, wanita perlu pandai mengelola kegiatan dan stres agar siklus haid tetap berjalan normal.

"Salah satu yang berpengaruh adalah asupan makanan, ini sangat berkaitan dengan kelangsungan haid normal. Diet ketat atau pola makan yang salah dan berlebihan akan memengaruhi siklus periodik ini," ujar dia.

Selain itu,  Syafriani juga mengatakan bahwa wanita tidak perlu khawatir jika terjadi nyeri pada saat menstruasi. Ia mengatakan, nyeri haid yang tidak mengganggu aktivitas harian adalah normal.

Namun, jika setiap bulannya harus mengonsumsi obat pereda nyeri dan memerlukan perawatan lebih lanjut, Syafriani menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Medistra tersebut mengatakan, terdapat hal-hal sederhana yang bisa dilakukan wanita agar siklus menstruasinya normal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement