Selasa 23 Aug 2022 19:11 WIB

Dokter: Asupan Serat yang Cukup Bantu Pangkas Risiko Alergi

Makanan menjadi salah satu faktor pemicu alergi yang sering dialami anak.

Bekal makanan untuk anak (ilustrasi). Mengonsumsi cukup serat dapat mengurangi risiko alergi pada anak.
Foto:

Prebiotik akan digunakan untuk menunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidup probiotik atau bakteri baik di pencernaan. Hasil akhirnya, adalah memproduksi asam lemak rantai pendek yang terdiri dari tiga komponen penting, yakni butirat, asetat, dan propionat.

"Butirat tidak hanya bekerja di usus, tapi juga masuk ke pembuluh darah dan organ lain lalu bekerja sebagai sinyal untuk berkomunikasi dengan otak dan mengatur sistem imun dan inflamasi," tutur Endah.

Endah menjelaskan, hal tersebut ada kaitannya dengan penyakit alergi. Untuk itu, pada anak yang memiliki alergi, orang tua harus dapat memilih jenis makanan yang tepat dan tidak mengandung zat-zat yang menyebabkan alergi.

"Selain itu, jaga asupan gizinya tetap seimbang dan juga bisa diberikan makanan atau minuman yang difortifikasi serat," ujarnya.

Adapun asupan serat yang dibutuhkan menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia adalah 19 gram per hari untuk anak usia 1-3 tahun, 20 gram untuk usia 4-6 tahun, dan terus meningkat seiring bertambahnya usia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement