Senin 01 Aug 2022 19:55 WIB

Dulu Identik dengan Penyakit Orang Tua, Serangan Jantung Kini Menyerang di Usia Produktif

Apa yang membuat orang usia produktif makin banyak yang kena serangan jantung?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi serangan jantung. penyakit jantung dulu dikenal sebagai penyakit orang tua. Gangguan kesehatan ini biasanya ditemukan pada orang usia 50 atau 60 ke atas.
Foto:

Selain itu, penerapan gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, pola makan tidak teratur, kurang berolahraga, dan istirahat yang tidak teratur juga berperan. Tak hanya itu, pengelolaan stres yang kurang baik juga bisa menjadi faktor penyebab penyakit jantung kini semakin sering dialami oleh usia muda.

"Pada setiap orang faktornya berbeda-beda yang dominan. Jadi misalnya ada orang yang gaya hidupnya sehat sekali, tapi dia tetap kena serangan jantung, ternyata di keluarganya umur 40 tahun sudah by pass, umur 45 sudah pasang stent atau ring jantung tujuh sampai delapan. Artinya pada orang ini mungkin faktor genetiknya lebih dominan," paparnya.

Namun, ada juga seseorang dari keluarga yang tidak ada riwayat penyakit jantung dan sehat-sehat saja, tapi gaya hidup tidak baik mereka terkena juga serangan jantung.

"Gaya hidup jelek seperti badannya gemuk diatas 100 kilogram, tidak pernah olahraga, kolesterol tinggi, meskipun faktor genetik tidak terlalu dominan tapi bisa kena serangan jantung juga. Intinya multifaktorial."

Selain itu, kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan berkala dan deteksi dini ditengarai menjadi penyebab terlambatnya pasien mendapat penanganan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement