Selasa 26 Jul 2022 21:06 WIB

Jalan Kaki Tingkatkan Usia Harapan Hidup Hingga 15 Tahun, Perlu Berapa Langkah Harian?

Studi yang terbit di jurnal Lancet Public Health ungkap manfaat rutin jalan kaki.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pejalan kaki menyeberang jalan dengan payung di Mirae Scientist St. untuk menghalau panas di Pyongyang, Korea Utara, Selasa, 5 Juli 2022. Berjalan kaki sekitar 6.000 langkah sehari diyakini dapat meningkatkan usia harapan hidup.
Foto:

Prof Yates dan timnya di National Institute for Health Research Leicester Biomedical Research Center mengamati panjang telomer (struktur pelindung di ujung kromosom) pada 405.981 orang dewasa paruh baya di Inggris. Mereka menemukan bahwa jalan cepat membantu mempertahankan panjang telomer.

Studi ini muncul setelah meta-analisis dari 15 studi yang melibatkan hampir 50 ribu orang. Penelitian yang mencakup empat benua itu menawarkan wawasan baru tentang jumlah langkah berjalan kaki setiap hari yang secara optimal akan meningkatkan kesehatan dan umur panjang orang dewasa.

Penelitian ini juga ingin mengetahui apakah jumlah langkahnya harus berbeda untuk orang-orang dari berbagai usia. Dipimpin oleh ahli epidemiologi aktivitas fisik University of Massachusetts Amherst Amanda Paluch, sekelompok ilmuwan internasional yang membentuk Steps for Health Collaborative menemukan bahwa mengambil lebih banyak langkah sehari membantu menurunkan risiko kematian dini.

Temuan ini dilaporkan dalam makalah yang diterbitkan 2 Maret di Lancet Public Health.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement