Rabu 27 Jul 2022 05:15 WIB

Nyeri Seperti Apa yang Bisa Jadi Pertanda Kanker? 5 Karakteristik Ini Petunjuknya

Ada lima karakteristik nyeri yang bisa menjadi pertanda kanker.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri perut (Ilustrasi). Kanker memiliki lebih dari 200 jenis sehingga gejala yang muncul bisa sangat beragam, salah satunya ialah nyeri.
Foto:

Faktor risiko

Ada cukup banyak faktor yang bisa meningkatkan risiko kanker. Sebagian dari faktor risiko ini tak bisa diubah, seperti usia. Namun, ada pula faktor risiko yang bisa diperbaiki.

Salah satu faktor risiko kanker yang bisa diperbaiki adalah kebiasaan merokok. Kebiasaan ini merupakan faktor risiko terbesar untuk kanker. Di Inggris misalnya, lebih dari satu di antara empat kematian kanker disebabkan oleh kebiasaan merokok.

"Menghirup asap rokok orang lain (merokok pasif) juga bisa meningkatkan risiko Anda mengalami kanker," jelas Macmillan Cancer Support.

Faktor risiko kanker lain yang bisa diperbaiki adalah pola hidup yang tidak aktif. Selain itu, pola makan tidak sehat juga termasuk dalam faktor risiko kanker yang bisa diperbaiki.

Memiliki faktor risiko bukan jaminan bahwa seseorang pasti akan terkena kanker. Namun, tak memiliki faktor risiko juga bukan jaminan bahwa seseorang tak akan terkena kanker.

"Berapa pun umur Anda, yang terbaik adalah selalu mendengarkan tubuh Anda dan bicara dengan dokter bila merasa ada sesuatu yang tidak benar," jelas ACS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement