Kamis 21 Jul 2022 19:17 WIB

Ciri Kolesterol Tinggi yang Bisa Muncul di Tangan

Kolesterol tinggi menyebabkan pembentukan plak di pembuluh darah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Ciri kolesterol tinggi yang bisa muncul di tangan. (Ilustrasi)
Foto: www.nlda.org
Ciri kolesterol tinggi yang bisa muncul di tangan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika arteri Anda tersumbat dengan kadar kolesterol tinggi, tidak banyak tanda peringatan yang jelas. Satu-satunya tanda peringatan untuk kondisi ini adalah kuku yang sangat pucat.

Sirkulasi yang rendah ini merupakan konsekuensi dari penumpukan kolesterol di pembuluh yang membawa darah dari jantung Anda. Hal ini membuat kuku Anda tampak berwarna lebih terang atau bahkan menjadi rapuh karena suplai darah ke ekstremitas Anda berkurang.

Baca Juga

Salah seorang dokter di Inggris, dr Monika Wasserman, mengatakan bercak gejala ini biasanya merupakan tanda penumpukan kolesterol. “Tubuh kita harus membunyikan lonceng alarm saat diserang. Ini berbeda, karena tidak selalu terjadi pada kolesterol tinggi," ujarnya seperti dilansir laman Mirror, Kamis (21/7/2022).

Wasserman menyebut, kolesterol tinggi menyerang secara diam-diam sehingga sulit untuk melihat gejalanya. Namun, ini tidak berarti Anda dapat sepenuhnya gagal mengidentifikasi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

“Satu 'bendera merah' bisa muncul di kuku Anda. Jika Anda tidak tahu, kolesterol tinggi menyebabkan pembentukan plak di pembuluh darah Anda. Plak kemudian mempengaruhi sirkulasi darah, menghasilkan kuku pucat," jelasnya.

Ini juga dapat meluas ke kaki dengan kuku kaki pucat, rapuh, dan tumbuh lambat yang diidentifikasi oleh National Health Services (NHS) sebagai gejala potensial kolesterol tinggi. Ini adalah suatu kondisi yang dikenal sebagai penyakit arteri perifer (PAD).

Penyakit ini dipicu oleh tingginya kadar lemak yang melapisi arteri dan membatasi sirkulasi darah ke kaki bagian bawah Anda. Namun efeknya biasanya tidak langsung terasa, karena kadar kolesterol yang tinggi membutuhkan waktu untuk menumpuk.

Seperti yang dilaporkan The Mirror sebelumnya, gejala lain dari PAD yang bergantung pada kolesterol adalah rambut rontok di bagian kaki, mati rasa, atau kelemahan pada kaki serta kuku kaki rapuh dan tumbuh lambat.

Gejala lainnya adalah bisul (luka terbuka) di kaki yang tidak sembuh-sembuh. Anda juga mengalami perubahan warna kulit pada kaki seperti menjadi pucat atau biru serta kulit mengkilap. Pada pria, gejala lainnya adalah disfungsi ereksi serta otot-otot di kaki Anda menyusut.

Jika khawatir Anda mungkin memiliki kadar kolesterol tinggi, ada baiknya berbicara dengan dokter umum Anda untuk menguji kadar kolesterol karena banyak dari tanda-tanda lainnya tidak terlalu jelas.

“Masalah lain yang disebabkan oleh pembentukan plak termasuk serangan jantung, strok, dan mati rasa," ujar dr Wasserman.

Jika kebetulan Anda melihat kuku pucat atau gejala lain yang disebutkan di atas, cari bantuan medis sesegera mungkin. Penyedia layanan kesehatan akan melakukan tes darah untuk membantu Anda mengetahui apakah kolesterol tinggi memengaruhi Anda atau tidak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement