Selasa 19 Jul 2022 14:10 WIB

Kenali Gejala Penyakit Hati yang tidak Boleh Diabaikan

Penyakit yang menyerang hati bisa berbahaya apabila dibiarkan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Penyakit yang menyerang hati bisa berbahaya apabila dibiarkan.
Foto:

Benjolan

Tanda potensial sirosis biliari primer adalah xanthomas, jenis lemak tertentu menumpuk di bawah kulit di area seperti lutut, siku, kaki, tangan, atau bokong. Ini menghasilkan benjolan kecil berwarna kuning, putih, atau oranye yang terkadang berkembang dalam kelompok.

 

Lebih mudah memar

Salah satu tanda kerusakan hati yang umum adalah memar dan bahkan lebih mudah berdarah. Ini karena hati Anda membuat protein yang dikenal sebagai faktor koagulasi, yang sangat penting bagi darah Anda untuk membeku dengan benar, menurut Gastrointestinal Society.

 

Perubahan mental

Ensefalopati hepatik (HE) terjadi ketika racun menumpuk di otak seseorang dan dapat berdampak negatif pada mental seseorang. Karena hati membantu menyaring bahan berbahaya dari aliran darah Anda, masalah hati seperti sirosis dan hepatitis dapat menyebabkan seseorang mengembangkan HE.

 

Halusinasi

Halusinasi juga bisa menjadi tanda bahaya dari masalah hati Anda. Penyakit yang disebut sindrom Reye dapat menyebabkan otak dan hati menjadi bengkak. Setelah ini terjadi, seseorang mungkin mengalami halusinasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement